Capai Target Heard Imunity, TNI AL Koarmada II Bersenergi Dengan Pemkot Surabaya Gelar Vaksinasi Massal

0
195

KABARHIT, SURABAYA – Dalam rangka menindaklanjuti Perintah Presiden RI Ir. H Joko Widodo, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P, serta Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., tentang “Serbuan Vaksinasi Covid 19” maka Panglima Koarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P.,M.Tr.(Han) terus-menerus memerintahkan seluruh jajaran dibawahnya tanpa terkecuali, untuk mengedepankan totalitas dalam melaksanakan serbuan vaksin guna membantu pemerintah pusat maupun daerah dalam menangani percepatan penanganan Covid-19 dan juga pencapaian target satu juta vaksin perhari demi terbentuknya herd immunity sehingga dengan rakyat yang sehat Indonesia menjadi kuat.

Untuk itu pula TNI Angkatan Laut dalam hal ini Koarmada II, bersama Pemerintah Kota Surabaya dan jajarannya kembali menggelar serbuan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat Surabaya. Vaksinasi ini dikhususkan bagi masyarakat yang belum melaksanakan vaksin dosis pertama, dengan harapan dapat segera mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok sebagai bagian dari perlindungan agar tidak  terpapar virus Covid-19

Pada serbuan vaksinasi kali ini, TNI Angkatan Laut menyiapkan sebanyak 25.000 dosis vaksin dengan jenis Sinovac yang akan dibagi pelaksanaannya selama dua hari yakni dari tanggal 29 dan 30 Juli 2021. Sehingga per harinya ditargetkan 12.500 orang dapat tervaksin. Meski kuota mencapai puluhan ribu dosis, namun panitia mengkhususkan pemberian vaksin kepada warga yang berdomisili di wilayah Kecamatan Dukuh Pakis, Kecamatan Wonokromo dan Kecamatan S Untuk itu panitia telah menyiapkan lokasi serbuan vaksin di Lapangan Thor Gelora Pancasila Jln. Patmosusastro, Surabaya. Untuk kelancaran pemberian vaksin, dilibatkan 406 tenaga kesehatan yang terdiri dari 106 tenaga kesehatan TNI Angkatan Laut dan sekitar 300 nakes dari Dinkes Surabaya.

Untuk pencapaian herd immunity yang ditargetkan Pemprov Jatim sebesar 70 % pada bulan Agustus nanti, Koarmada II dan Pangkalan TNI AL (Lanal) jajarannya yang berada di Batuporon, Malang dan Banyuwangi ikut berperan serta mewujudkannya melalui serbuan vaksinasi massal yang dikhususkan bagi masyarakat maritim, bersinergi dengan Forkopimda Jatim.

Disamping itu TNI AL dalam hal ini Koarmada II dalam watu yang bersamaan juga melaksanakan serbuan vaksin terhadap masyarakat maritim, karena perlindungan  terhadap ancaman Covid-19 bukan hanya hak masyarakat di perkotaan atau pulau-pulau besar saja, rakyat di kepulauan memiliki hak yang sama untuk aman dari serangan Covid-19. Karena itu, TNI AL dengan sarana angkutan laut yang dimiliki yang mempunyai kemampuan menjangkau hingga ke pulau-pulau terpencil tersebut juga memberikan kepedulian dan perhatian yang sangat besar kepada penduduk yang mendiami pulau-pulau yang jauh dari kota-kota besar tersebut. Hal  ini juga yang dilaksanakan Koarmada II pada hari ini, dengan  melaksanakan serbuan vaksin yang menyasar masyarakat di Pulau Bawean, sebuah pulau yang terletak di tengah Laut Jawa yang berjarak 90 NM (165 KM) di utara Surabaya, dalam Serbuan Vaksinasi sebagai bagian dari upaya mendukung program pemerintah guna mempercepat dalam menuntaskan persoalan Covid-19 di Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here