Cegah Demam Berdarah, Kecamatan Asemrowo Gelar Gebyar PSN

0
153

Surabaya,Kabarhit – Kecamatan Asemrowo menggelar gebyar Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) bertempat di kantor Kecamatan Asemrowo pada minggu (14/8/2019) pagi. Semua staf kecamatan, kelurahan khususnya kelurahan sawahan dan puskesmas Asemrowo akan mendatangi rumah warga. Mereka (PNS) akan mengecek kondisi dan mengimbau pemilik rumah agar melakukan upaya pencegahan demam berdarah.

“Tahun ini jumlah korban demam berdarah termasuk tinggi, mencapai 12 penderita. Mudah-mudahan, setelah ini (gebyar PSN) penderita semakin berkurang,” kata dr. Ratnaika Kepala Puskesmas Asemrowo,  Rabu (14/8/2019) pagi.

Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD), sejak awal 2019 mulai merebak di beberapa wilayah kota Surabaya khususnya di kecamatan Asemrowo.

Untuk itu lanjut dia, meminta masyarakat juga lebih peduli melakukan PSN. Kegiatan PSN, antara lain bisa dilakukan dengan melakukan tindakan 4M plus secara rutin seminggu sekali berantas nyamuk Aedes Aegypti yakni, Menutup tempat penyimpanan air, Menguras bak-bak mandi, Memasukan ikan ke dalam bak mandi, dan Mengubur barang-barang bekas yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk penyebar DBD, jelas Ika panggilan akrab kepala Puskesmas Asemrowo ini.

Dalam kesempatan yang sama Lurah Asemrowo Asnafi menyampaikan, terkait hal ini, dia juga meminta agar masyarakat mengaktifkan kegiatan 4M plus. “Pada musim penghujan seperti sekarang, jangan sampai ada barang sampah yang bisa menampung air sehingga menjadi media perkembangbiakan nyamuk. Kalau menemukan media semacam itu, sebaiknya dikubur,” ungkapnya.

Sementara itu Camat Asemrowo Bambang Udi Ukiro memantau langsung mendatangi rumah warga ke daerah endemis wabah demam berdarah dan mendorong gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

Andri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here