Dandim 0816 Sidoarjo Berikan Apresiasi Terhadap Peternak Di Kab. Sidoarjo.

0
154

Sidoarjo, Kabarhit -Expo Peternakan dan Kontes hewan Ternak Sapi dan Kambing  Tahun 2019 digelar di Kabupaten Sidoarjo tepatnya di Puspa Agro Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo, Kegiatan yang dilaksanakan selama 1 hari.

Kegiatan Expo Peternakan dan Kontes Ternak Sidoarjo Tahun 2019 itu diadakan oleh Dinas Pangan dan Pertanian Kab Sidoarjo karenanya, lokasi itupun diserbu berbagai  jenis ternak dari berbagai Kecamatan di wilayah Kabupaten Sidoarjo. Kamis (8/8/2019).

Kegiatan ini diHadiri oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Illah, SH. M.Hum, dan Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin, SH dan di dampingi oleh Komandan Kodim 0816/Sidoarjo, Letkol Kav Arief Cahyo Widodo, S.I.P.

Kegiatan itu diharapkan memotivasi para peternak atau pelaku usaha peternakan dalam membangun usaha peternakan dan meningkatkan swasembada pangan. Dan Lomba dimulai pukul 08.00 WIB, diikuti oleh ratusan sapi unggulan yang berasal dari para petani peternak dari perwakilan 18 Kecamatan se Kabupaten Sidoarjo.

Kepala Dinas Pertabunak Kabupaten Sidoarjo yang diwakilkan oleh Sekretaris Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo, Nur Azizah, S.H., MH,  menerangkan bahwa “Dalam kegiatan ini dilombakan bermacam-macam kategori yakni sapi bibit jantan peranakan ongole, sapi bibit betina peranakan ongole, sapi eksotis hasil penggemukan ,sapi penggemukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan kambing Peranakan Etawa.” Terangnya.

“Kegiatan seperti ini setiap tahun kami lakukan, lomba ini bertujuan untuk menyemangati para peternak dalam memelihara sapinya agar bisa tumbuh dengan baik dan benar. Sehingga memiliki nilai ekonomi yang lebih baik” jelasnya.

Kabupaten Sidoarjo, memiliki potensi jumlah sapi yang unggul di Jawa Timur. Komandan Kodim 0816/Sidoarjo, Letkol Kav Arief Cahyo Widodo S.I.P juga memberikan apresiasi yang baik, Beliau mengatakan kontes ternak di Kabupaten Sidoarjo yang bertempat di Puspa Agro Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo ini sangat bagus dan perlu dilakukan setiap tahunnya.

“Kontes ini merupakan gambaran ternak yang ada di Kabupaten Sidoarjo, Karena Upaya peningkatan swasembada pangan tidak hanya berupa peningkatan luas tambah tanam atau beras akan tetapi Kegiatan ini juga melaksanakan Upsus Siwab (Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting), sebagai salah satu kegiatan yang terintegrasi yang ditetapkan dalam Permenpan No. 48 Tahun 2015 tentang percepatan Upsus Siwab, untuk mewujudkan swasembada daging. Peningkatan hal ini tentu  perlu dipertahankan untuk ikut mensukseskan swasembada pangan khususnya daging di tingkat nasional” ungkap Letkol Arief.

Menurutnya, Letkol Kav Arief Cahyo Widodo, S.I.P “Tidak hanya dari populasi yang dipertingkatkan, namun kualitas, serta kuantitas sapi yang ada di Sidoarjo ini juga harus terus dipertahankan, Oleh sebab itu, beliau berharap, dengan adanya populasi sapi yang sudah banyak ini, kedepan bisa terus ditingkatkan dan dikembangkan agar bisa mendukung swasembada daging di tingkat nasional. Meningkatkan manajemen pemeliharaan yang lebih baik lagi” Tegasnya.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Illah, SH M.Hum yang dalam hal ini mengapresiasi tingginya antusias petani peternak. lomba ternak sapi eksotik dengan penilaian berat badan serta lomba kambing peranakan ettawa ini tentu mengundang perhatian masyarakat Sidoarjo dalam beternak.

“Dengan lomba ini, para petani ternak akan tahu mana sapi yang sehat dan gemuk dari hasil pemeliharaan yang benar dan mana sapi yang dipelihara hanya dengan cara asal-asalan.selain itu  kegiatan ini juga untuk mengetahui perkembangan produk unggulan peternakan daerah.mereka bisa saling bertukar informasi, wawasan dan pengalaman dalam hal budidaya sapi yang baik dan menguntungkan.” Tutur Bupati Sidoarjo.

Dengan expo peternakan ini, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo berharap bisa memotivasi para peternak atau pelaku usaha peternakan dalam membangun usaha peternakan. Serta dapat meningkatkan mutu dan daya saing agar dapat meraih

 

Andri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here