Universitas Brawijaya Mou dengan Satuan Saber Pungli adakan Sosialisasi Penyamaan Persepsi

0

Malang, Kabarhit – Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Republik Indonesia Irjen Pol Widiyanto Poesoko lakukan pemaparan sosialisasi khususnya terkait dengan Perpres Nomor 87 tahun 2016 di gedung Widya Loka Universitas Brawijaya (UB) Malang, Kamis (05/09).

Pada kesempatan ini Irjen Widi sapaan akrabnya menyampaikan kepada Mahasiswa UB dan masyarakat untuk melaporkan jika mengatahui ada potensi pungli, “Segala laporan benar – benar akan kami pilih, mana yang masuk pungli dan mana yang bukan. Seperti hutang piutang dan lain – lainnya, bahkan dalam kasus perceraian bisa masuk,” ucapnya.

Dijelaskan sepanjang bulan Oktober 2018 hingga bulan Juni 2019 Satgas Saber Pungli telah menerima sebanyak 37 ribu laporan kasus dari masyarakat dan yang telah ditangani sebanyak 12 ribu kasus, sisanya akan terus ditindak lanjuti.

Ditambahkan Pria Kelahiran Banjarnegara, Jawa Tengah 11 Juni 1963, laporan yang telah ditindak lanjuti umumnya terkait dengan pembuatan dokumen, seperti pembuatan SIM, STNK, sertifikat dan masih banyak lagi yang lainnya,

“Kebanyakan berasal dari daerah Jawa Barat, Jawa timur, dan Sumatera Utara. Untuk itu, Satagas terus mengoptimalkan sosialisasi seperti saat ini yang dilakukan di Unversitas Brawijaya,” kata Irjen Widi.

Irjen Widi menambahkan pelaporan dan pengaduan bisa melalui SMS, call center, email hingga surat pengaduan langsung. Karena ini, dapat menghambat program pemerintah, misalnya pada pengurusan perijinan yang berpotensi pungli.

Seperti dalam keterangannya Jumat (06/09/2019) Irjen Widi menegaskan, Kami akan melakukan penindakan tegas, jika memang terbukti ada yang terlibat pungli.

Andri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here