JATIM OPTIMIS TINGKATKAN REALISASI INVESTASI

avatar kabarhit.com

Surabaya, Kabarhit - Di tengah gejolak ekonomi global, perekonomian Jawa Timur pada triwulan II 2019 berhasil tumbuh 5,72% (yoy), lebih tinggi dibandingkan Nasional 5,05% (yoy) dan terakselerasi dibandingkan triwulan I 2019 sebesar 5,55% (yoy). Pertumbuhan ekonomi ini, salah satunya didorong oleh peningkatan investasi (PMTB) yang memberikan kontribusi 27,89% terhadap total PDRB Jatim semester 1-2019.

Upaya mendorong percepatan investasi perlu menjadi sebuah concern tersendiri apalagi bila kita ingin terus menekan defisit transaksi berjalan (current account deficit), tutur Difi A. Johansyah, Kepala Perwakilan Kantor Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Jawa Timur pada kegiatan Seminar Nasional East Java Investment : Gaining Momentum Amidst The Stable Outlookdi Grand City Convention and Exhibition Surabaya (12/09).

Baca Juga: Press Release ALCO Jawa Timur di Awal 2024

Upaya menekan defisit transaksi berjalan menjadi tantangan tersendiri di tengah gejolak kondisi ekonomi global. Perlambatan ekonomi Tiongkok yang saat ini terjadi cenderung berdampak negatif terhadap pertumbuhan ekspor Indonesia. Padahal, impor Indonesia dari Tiongkok masih cenderung kuat. Belum lagi, isu brexit di Uni Eropa, fluktuasi harga komoditas global dan faktor eksternal lainnya, jelas Joshua Pardede, chief economist Bank Permata pada kesempatan tersebut.

Walaupun demikian, Jawa Timur menyimpan peluang tersendiri untuk pengembangan investasinya. Posisi Jatim sebagai penghubung antara bagian timur dan barat Indonesia serta pengembangan sejumlah kawasan industri terintegrasi di sejumlah wilayah menjadi keunggulan tersendiri bagi Jawa Timur dibandingkan provinsi lain, jelas Reza Valdo Maspaitella, Chairman for Regional Investment Development KADIN Indonesia.

Baca Juga: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa Menghadiri Sapa Insan Kebudayaan dan Pariwisata

Keunggulan Jatim ini semakin dikuatkan dengan hasil penilaian Tingkat Kemudahan Berbisnis (Ease of Doing Business) oleh Asia Competitiveness Institute (ACI) yang menempatkan Provinsi Jawa Timur sebagai peringkat pertama. Kategori penilaiannya diantaranya adalah daya tarik investor, keramahan bisnis dan kebijakan yang kompetitif, jelas Emil E. Dardak, Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur pada kesempatan yang sama.

Dituturkan oleh Emil, realisasi investasi Jawa Timur yang sampai dengan semester 1-2019 adalah sebesar Rp 32,05 trilyun menduduki posisi ke-4 nasional setelah Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta dan Jawa Tengah. Kita masih bisa mendorong angka realisasi ini. Saat ini kita sedang mempercepat pembangunan sejumlah infrastruktur untuk nantinya memudahkan konektivitas industri, seperti percepatan proyek pembangunan infrastruktur jalan tol di berbagai titik, pembangunan jalan pantai selatan Jawa Timur, pengembangan sejumlah bandar udara termasuk Juanda, jalur kereta api dan sejumlah pelabuhan, jelas Emil.

Baca Juga: Peluncuran Laporan Perekonomian Indonesia “Sinergi Memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Nasional”

Penyelenggaraan Seminar Nasional ini menjadi rangkaian kegiatan East Java Investival (EJI) yang diselenggarakan oleh Pemprov Jatim pada tanggal 12-15 September 2019 di Grand City Convention & Exhibition, Surabaya. EJI diharapkan mampu menjadi etalase dan media promosi berbagai sektor investasi Jawa Timur. Di Dalamnya, ada berbagai rangkaian kegiatan, termasuk forum investasi dan business matching antara investor dengan pemilik proyek investasi. Pada hari pertama pelaksanaan kegiatan, business matching berhasil memperoleh kesepakatan lebih dari Rp 300 Miliar baik untuk investasi maupun perdagangan.

andri

Editor : deni