Tinjau Pansela, Khofifah Pastikan JLS Lot 9 Selesai Digarap Tahun 2022

0

KABARHIT.COM | MALANG – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memastikan bahwa pengerjaan jalan Jalur Lintas Selatan (JLS) di ruas pantai selatan (Pansela) kini sedang on progress.

Untuk memastikan pengerjaan JLS jalur pansela tersebut, Khofifah turun langsung meninjau proyek pansela tepatnya di Lot 9 yang ada di kawasan Kabupaten Malang bagian selatan, Sabtu (25/1/2020).

Ruas jalan ini penting fungsinya untuk menjadi akses di kawasan Malang selatan serta menjadi akses utama menuju sejumlah pantai di Kabupaten Malang sisi selatan.

Insya Allah, untuk lot 9, pengerjaannya akan selesai di tahun 2022,” tegas gubernur perempuan pertama Jawa Timur tersebut di tengah lokasi pengerjaan JLS ruas pansela.

Jika  pengerjaan di Lot 9 ini selesai, maka pembangunan jalur pansela akan berujung hingga perbatasan Kabupaten Malang dengan Kabupaten Blitar sementara lot 8 berbatasan dengan Lumajang.

Lebih lanjut wanita yang juga mantan Menteri Sosial ini menegaskan bahwa untuk panjang proyek JLS secara keseluruhan memiliki panjang 684 kilometer.

“Yang saat ini sedang berjalan pembangunannya adalah jalan sepanjang 72 kilometer (Lot 6, Lot 7, Lot 8, Lot 9) dibiayai Islamic Development Bank, dan 15 kilometer dari APBN melalui  Kementerian PUPR,” ucap Khofifah.

Khofifah menegaskan, jika secara keseluruhan JLS jalur pansela ini rampung pengerjaannya maka akan banyak pantai-pantai di wilayah Jawa Timur bagian selatan yang bisa dinikmati masyarakat dan itu berarti sentra pertumbuhan ekonomi baru akan terbuka pula

Begitu juga dengan Lot 9 di Malang Selatan ini. Banyak pantai pantai yang masih terjaga keasliannya dan belum terjamah yang akan bisa dieksplor oleh masyarakat dan wisatawan.

“Harapannya, di depan jalan masuk tadi pak bupati akan membuka pasar rakyat, untuk bisa mendisplay industri kreatif masyarakat Malang. Termasuk jalan akses masuknya ke wilayah pantai-pantai tersebut,” tutup Khofifah.

Andri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here