Kunjungan Kerja Wapres Ri di Kabupaten Gresik.

0

GRESIK, KABARHIT.COM  – Serangkaian agenda kunjungan kerja Wakil Presiden Ri, Prof. Dr. (H.C) K.H. Ma’ruf Amin, Diawali dengan sholat jumat berjamaah yang diselenggarakan di Masjid Jami’ Gresik.

Setelah melaksanakan sholat Jumat, dalam perjalanan menuju Pendopo alun-alun Gresik, Wapres Ri berkesempatan untuk menyapa langsung Masyarakat Gresik dengan didampingi oleh Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Nurchahyanto M.Sc. Pada Jumat(30 September 2022)

Tiba di Pendopo, Wapres Ri disambut oleh, Letkol Inf Ahmad Saleh Rahanar, S.Sos (Dandim 0817/Gresik) kali ini menjabat sebagai Dansub Satgas, H. Fandi Akhmad Yani, SE (Bupati Gresik), serta AKBP Muhammad Nur Aziz, SH, SIK, M.Si (Kapolres Gresik).

Tak berselang lama, Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin beserta seluruh rombongan melanjutkan kunjungan kerja menuju PT. Husein Alam Indah (Industri Sarang Walet) yang terletak di Desa Golokan Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik. dilanjutkan dengan melakukan peninjauan area pabrik dan memberikan pengarahan kepada 29 pelaku usaha UMKM peternak walet Indonesia.

Baca Juga :  Bersama Empat Pilar, Danramil 0830/04 Bubutan Berikan Pendampingan Sosialisasi Stunting di Wilayah

Dalam sambutannya Wapres Ri menyampaikan, “Kabupaten Gresik sangat luar biasa dan terimakasih atas sambutan dan jamuan dari Forkopimda Gresik semoga yang maha Kuasa membalas dengan memberikan segala kebaikan bagi Kabupaten Gresik dan masyarakatnya.”tuturnya.

“Pasar ekspor yang besar untuk sarang burung walet merupakan peluang usaha yang bagus bagi para peternak walet. Karena dapat memberi manfaat dan maslahat seperti yang diwajibkan oleh Allah SWT, Ini bersyukur saya kira, karena kita diberikan tanah yang subur maka jangan dibiarkan, Jangan ada tanah lahan yang tidur, dan jangan ada tenaga yang nganggur, Insyaallah kita bisa makmur, walet memiliki potensi yang besar yang bisa menghasilkan untuk kesejahteraan masyarakat, karena itu pemerintah mengambil beberapa kebijakan untuk memperluas pasar, kemudian memberikan bimbingan teknis dan mendorong supaya permodalan bisa diberikan melalui KUR dan berbagai hal.”Kata Ma’ruf

Baca Juga :  Dandim Gresik Pimpin Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Persiapan Kunker Wapres RI.

Sambungnya, “Pasar ini cukup luas, tetapi ternyata yang potensial itu di China (RRC), karena memang di China ada beberapa persyaratan yang sulit, sehingga yang bisa masuk hanya memiliki kualifikasi tertentu dan jumlahnya tidak terlalu banyak. Dan saya tanya apakah itu karena memang khasiatnya berbeda, ternyata bukan soal khasiat tetapi soal bentuk, khasiat sama dan anehnya saya dengar bisa masuk lewat negara lain, Pemerintah punya perhatian untuk memajukan perwaletan, dalam hal pengelolaan maupun dalam pemasaran, kendala-kendala akan kita cari jalan keluar.”pungkasnya.

Ketua asosiasi peternak pedagang sarang walet Indonesia, Wahyudi Husein menuturkan bahwa, “Konsumen terbesar walet di dunia adalah tiongkok 80 persen kebutuhan walet di dunia adalah tiongkok dan ini seimbang dengan Indonesia, sisanya bisa chinatown Amerika, bisa chinatown Eropa, tapi kebutuhan tiongkok sendiri 80 persen,Informasi Riset yang kita peroleh tiongkok butuh 6000 ton pertahun, sehingga sangat-sangat lebar kebutuhan yang masih perlu dipenuhi, Dan Pencapaian ekspor sarang walet indonesia sebesar 1500 ton pertahunnya.”tuturnya.

Baca Juga :  Babinsa Lakukan Pemantauan dan Komsos di Wilayah Binaan

Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin (Wapres RI) beserta rombongan meninggalkan PT. Husein Alam Indah Gresik menuju Surabaya, Kegiatan berjalan dengan lancar aman, tertib dan kondusif.

Dalam kunjungan kerja Wapres Ri di Kabupaten Gresik, turut mendampingi Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M. SI (Gubernur Jatim), Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo (Wakapolda Jatim), Brigjen TNI Fahmi Sudirman (Kabinda Jatim), Brigjen TNI (Mar) Much. Sulchan, M.Tr (Han)., M.Tr. Opsla. (Kaskogartap III/Sby), Brigjen TNI Terry Tresna Purnama, S.I.Kom., M.M. (Danrem 084/BJ), Asintel Kasdam V/Brw (Kolonel Kav Valian Wicaksono Magdi, S.Sos., M.Sos.), Asops Kasdam V/Brw (Kolonel Inf Andi Mustafa Akad), Kombes Pol Puji Santoso, S.H. (Karo Ops Polda Jatim), Kolonel Cpm M Sawi (Danpomdam V/Brw). (Pen0817).

(and/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here