Kenali Nomofobia Dan Ketakutan Berlebihan Saat Anda jauh Dari Ponsel

0
93

Jakarta ,Kabarhit – Nomofobia berarti “Tidak ada fobia melalui ponsel”. Istilah ini ditemukan untuk pertama kalinya dalam sebuah studi yang dilakukan oleh UK Post pada tahun 2010. Nomofobia disebabkan oleh hubungan yang tidak sehat antara manusia dan perangkat seluler mereka.

Apakah Anda juga merasakan gejala nomofobia? Apakah nomofobia mengganggu pekerjaan Anda? Berikut cara melawan nomophobia di tempat kerja:

  1. Gejala nomofobia

Gejala nomofobia adalah perasaan panik dan putus asa ketika orang tidak dapat menemukan perangkat selulernya atau menerima sinyal sampai mereka merasa terdorong untuk segera memeriksa dan menanggapi pemberitahuan. .

Seseorang yang menderita nomophobia di tempat kerja dapat dengan mudah dideteksi. Dia selalu memastikan bahwa ponselnya ada di tangan – di meja atau di saku. Bahkan, ia menggunakan ponsel di waktu dan tempat yang tidak menyala seperti di tengah rapat kerja. Pada akhirnya, nomofobia dapat menyinggung orang lain dan mengorbankan produktivitas.

  1. Buat batasan

Pertama, Anda harus membatasi penggunaan ponsel pada waktu-waktu tertentu. Mulai dari yang mudah, dan Anda tidak perlu dipisahkan dari ponsel terlalu lama. Beberapa aturan sederhana termasuk tidak ada ponsel saat makan siang atau tidak ada ponsel saat berbicara dengan kolega.

Anda harus disiplin dan mematuhi aturan yang telah Anda buat. Jika Anda mengetahui aturan sederhana, Anda dapat meningkatkan tingkat aturan atau lamanya waktu Anda tidak memiliki ponsel.

  1. Matikan ponsel selama jam kerja

Nasihat ini memang berat. Jika Anda perlu mematikan ponsel selama jam kerja, Anda bisa mengabaikan panggilan masuk dari bos atau klien Anda.

Namun, Anda tidak perlu mematikan ponsel Anda sepanjang hari. Anda dapat mengatur ponsel Anda ke mode penerbangan atau tanpa pemberitahuan dari pukul 09:00 hingga 12:00. Jika Anda ingin berurusan dengan atasan atau klien Anda, Anda dapat melakukannya melalui email. Setelah makan siang, Anda dapat menghidupkan kembali ponsel Anda.

  1. Lebih banyak diskusi tatap muka

Tahukah Anda bahwa banyak rekan kerja dapat berbicara? Anda tidak akan pernah tahu jika Anda terus melihat layar ponsel.

Anda harus memaksakan diri untuk berbicara dengan orang lain pada waktu-waktu tertentu. tanpa perangkat seluler. Cobalah menyapa kolega Anda, meminta berita dan memulai diskusi kecil. Jika Anda bekerja di kamar Anda sendiri, Anda dapat memanggil seseorang yang dapat memiliki pengaruh positif.

  1. Ubah pengaturan pemberitahuan

Pemberitahuan mengharuskan kami untuk memeriksa ponsel kapan saja. Anda dapat mengubah pengaturan notifikasi.

Mulailah dengan mengidentifikasi pesan yang perlu segera diverifikasi, relevan dengan kehidupan, dan pesan yang tidak penting. Anda dapat mengaktifkan notifikasi pada aplikasi berita, telepon, dan pesan singkat. Sementara itu, matikan semua notifikasi di aplikasi yang membuat Anda senang di waktu luang, cukup aktifkan ikonnya. Sementara untuk aplikasi yang tidak penting dan tidak terkait, mereka dapat sepenuhnya dinonaktifkan.

6.Ubah ponsel Anda (atau aplikasi) dengan hal-hal positif

Ponsel yang berdering dan bergetar serta pemberitahuan pemicu Anda mencapai ponsel. Ini memungkinkan Anda untuk memeriksa media sosial dan pesan terbaru. Kemudian informasi baru dan gambar yang menyenangkan membuat Anda bahagia. Anda harus dapat keluar dari tautan.

Anda melakukan ini dengan “mengganti” ponsel dengan hal-hal yang lebih positif. Jika Anda tidak dapat mengubah kebiasaan Anda, Anda dapat mulai menghapus instalan aplikasi media sosial dengan aplikasi Catatan Log. Jika berhasil, Anda dapat menyimpan ponsel Anda di dalam tas dan mengganti waktu luang Anda dengan membaca buku.

  1. Pisahkan dengan ponsel

Untuk melawan nomofobia di tempat kerja, Anda harus berpisah dari ponsel Anda. Karena, ketika ponsel dekat, Anda akan selalu tergoda untuk memeriksanya.

Masalahnya, Anda bisa meletakkan ponsel di dalam tas – bukan di saku Anda – saat Anda pergi ke kantor. Selain itu, Anda juga dapat meninggalkan ponsel di laci meja saat Anda pergi makan siang bersama teman-teman di kantor.

Nomophobia belum memenuhi syarat sebagai penyakit. Namun, perasaan cemas dan cemas yang disebabkan oleh hilangnya ponsel dapat mengganggu konsentrasi dan bahkan mengurangi produktivitas kerja. Jika Anda mengalami gejala nomofobia, akui saja, lalu temukan cara untuk mengatasinya.

aonws

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here