Lima Cucu Cak Kartolo Akan Dapat Biasiswa Dari Pemkot Surabaya

0
50
Seniman Cak Kartolo saat ditemui di Rumahnya Jl.Kupang jaya 1 Kecamatan Sukomanunggal Rabu(01/09/21)

KABARHIT, SURABAYA –  Lima orang cucu Cak Kartolo, seniman asal Surabaya mendapatkan beasiswa dari Pemerintah Kota Surabaya. Pemberian beasiswa itu diungkapkan Wakil Wali Kota Surabaya Armuji.

”Ada lima cucu. Akan diberi beasiswa. Beliau masuk MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah) Jadi tanggung jawab pemkot,” kata Armuji pada Kamis (2/9).

Armuji mengaku prihatin dengan kondisi Kartolo saat ini. Kartolo merupakan legenda ludruk Jawa Timur.

Prihatin. Cak Kartolo kan maestro kesenian sampai mendapatkan BLT. Itu harus diperhatikan. Karena harus menghargai orang seni seperti beliau,” tutur Armuji.

Politisi PDI Perjuangan itu mengenal Kartolo sebagai sosok seniman terkenal yang rendah hati. Karya-karya Kartolo sudah dikenal nasional dan mancanegara.

Kartolo ini populer. Apalagi di mancanegara. Khususnya di Suriname. Kita upayakan beliau dapat perhatian khusus. Akan disambangi di Kupang Jaya (rumah Kartolo),” ucap Armuji.

Sebelumnya, diberitakan Cak Kartolo telah menawarkan rumahnya sejak sebelum pandemi. Saat itu, ada yang menawar senilai Rp 6 miliar. Namun Cak Kartolo menunggu penawaran yang lebih tinggi.

Alasan menjual rumahnya yang berukuran 440 meter persegi dengan bangunan dua lantai itu bukan semata karena terdampak ekonomi pandemi Covid-19.

”Hasil penjualan rumah akan dipergunakan untuk keperluan sekolah cucu-cucu saya,” ucap Kartolo.

Kartolo merasa pemerintah tidak tinggal diam terhadap seniman tradisional yang terdampak ekonomi akibat pandemi Covid-19.

”Sebab saya juga terdata mendapatkan bantuan langsung tunai atau BLT, yang sekali cair dapat Rp 300 ribu itu,” terang Kartolo.

Cak Kartolo pun ikut mengantre di kantor pos dekat rumahnya setiap kali ada pencairan BLT.

”Tidak ada yang tahu kalau yang mengantre itu saya sebab pakai masker. Tapi petugasnya akhirnya tahu ketika melihat nama di KTP saya,” tutur Kartolo.

and

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here