Operasi Militer Selain Perang, Korem Sasar Empat Daerah

0
Operasi

KABARHIT, SURABAYA – Latihan posko I di wilayah Korem 084/Bhaskara Jaya saat ini, menyasar empat daerah. Selain Kabupaten Gresik, latihan itu juga menyasar Kabupaten Sampang, Pamekasan dan Sumenep, Pulau Madura, Jawa Timur.

Ditemui usai video conference dengan para Dandim, Danrem 084/Bhaskara Jaya, Brigjen TNI Herman Hidayat Eko Atmojo mengatakan jika latihan itu, digelar dalam rangka melaksanakan operasi bantuan ke pihak Pemda dalam rangka operasi militer selain perang.

“Itu nanti akan berjalan selama tiga hari. TNI, mendapat tugas penanganan bantuan ke Pemda dalam penanggulangan bencana,” jelasnya. Selasa, 21 Juli 2020.

Latihan posko I, kata Danrem, merupakan metode latihan taktis tanpa pasukan yang ditujukan untuk memelihara, sekaligus meningkatkan prosedur pengambilan keputusan taktis.

“Termasuk merencakan, mempersiapkan dan melaksanakan operasi bantuan menanggulangi bencana alam, pengungsian hingga penyaluran bantuan kemanusiaan,” bebernya.

Terpisah, Dandim 0827/Sumenep, Letkol Inf Ato Sudiatna menambahkan jika pelaksanaan latihan posko mendatang, pihak Kodim harus bisa melakukan suatu analisa, hingga menemukan solusi ketika menghadapi suatu bencana alam yang terjadi

SOP, kata Dandim, juga harus dipatuhi oleh setiap peserta yang nantinya akan terlibat dalam pelaksnaan latihan posko mendatang. “Supaya tugas yang akan dilaksanakan, bisa berjalan dengan mudah. Bukan hanya TNI, latihan itu nanti juga melibatkan Pemda, dan masyarakat,” jelasnya.

Dny

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here