Wagub Jatim Dorong Pustakawan Lebih Kreatif dan Inovatif di Era New Normal

0
Wagub

KABARHIT, SURABAYA – Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, menyoroti tingkat literasi masyarakat di Jawa Timur yang mulai menurun di masa pandemic Covid-19. Oleh karena itu, Wagub menekankan kepada para Pustakawan agar lebih kreatif dan inovatif demi menjaga minat baca masyarakat Jawa Timur.

“Meskipun tingkat minat baca masyarakat Jatim masih tertinggi di Indonesia, tetapi kreatifitas dan inovasi pustakawan dan perpustakaan tetap didorong agar masyarakat dapat terus tertarik dan berdampak dengan minat baca masyarakat lebih meningkat,” tutur Wagub Emil saat menjadi narasumber webinar dengan tema Perpustakaan dan Pustakawan Kreatif Inovatif di Era New Normal yang diselenggarakan oleh Universitas Trunojoyo Madura, Rabu (23/09/2020).

“Perpustakaan bukanlah entitas fisik. Tetapi pustakawanlah yang menjadi roh dari perpustakaan itu sendiri.” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Wagub Emil juga menyampaikan keinginannya mengubah wajah perpustakaan yang bukan hanya dicap sebagai pusat ilmu pengetahuan. Menurutnya, perpustakaan juga dapat ditranformasikan menjadi pusat kebudayaan dan pusat kegiatan masyarakat.

a pun ingin memastikan masyarakat memiliki akses koleksi buku yang sesuai dan dapat memaksimalkan potensi keterampilan dan juga minat baca masyarakat. Dengan begitu, perpustakaan dapat memberikan fasilitas bacaan dalam bentuk digital atau e-book agar masyarakat dapat mengakses koleksi buku yang dibutuhkan cukup dengan mengakses lewat online.

“Kita berharap betul bahwa pustakawan-pustakawan akan terus mencari cara-cara untuk meningkatkan minat baca.” ujarnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here