Unjuk Kemampuan, Heli HS-1305 Laksanakan Crossdeck Exercise dengan HS Limnos F-451

avatar kabarhit.com

LEBANON, KABARHIT- TNI AL-Puspenerbal (14/2/2024).
Memasuki On Task ke 5, Helikopter AS 565 MBe Panther HS-1305 yang on board di KRI Diponegoro-365 mendapatkan kesempatan untuk unjuk kemampuan dalam serial latihan Cross Deck antara dua kapal perang unsur MTF, KRI Diponegoro-365 (Indonesia) dan HS Limnos F-451 (Yunani) di Area of Maritime operation (AMO) Laut Mediterania, Lebanon pada 12 Februari 2024.

Heli HS-1305 yang diawaki oleh Kapten Laut (P) Rangga Birawa selaku Captain Pilot dan Lettu Laut (P) Galuh Ariyanto selaku Copilot take off dari KRI Diponegoro-365 menuju ke HS Linmos untuk melaksanakan touch and go dengan metode visual approach.

Baca Juga: Puspenerbal Gelar Peringatan Nuzulul Qur'an 1445 H dan Tasyakuran Kenkat

Pada kesempatan itu, HS-1305 dipandu oleh air controller kapal perang Yunani tersebut sebanyak 2 run baik pada saat landing dan take off.

Baca Juga: Heli HS-1305 Cross Deck Landing Exercise di Kaprang Yunani HS Spetsai F-453

Menurut Rangga -Sapaan akrab Pilot HS HS-1305 Skuadron 100 Wing Udara Puspenerbal ini- Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan serta profesionalisme pilot dan seluruh Tim Helideck Party KRI Diponegoro dan HS Linmos dalam melaksanakan peran heli dengan baik tanpa ragu-ragu dan untuk meningkatkan kerja sama serta tukar pengalaman di medan tugas.

"Fuji Syukur, Latihan tersebut terlaksana dalam waktu satu setengah jam dan berjalan dengan aman dan lancar," terang Rangga.

Baca Juga: Selaraskan Kebijakan Bina Potensi Maritim, Wadan Puspenerbal Hadiri Rakor Potmar 2024

Setelah pelaksanaan latihan tersebut, kedua komandan saling memberikan apresiasi melalui email. Diharapkan latihan sejenis dapat dilaksanakan secara rutin dan bertahap di on task berikutnya.

Editor : deni