Heli HS-1305 Laksanakan Misi SAR Kapal Tenggelam di Laut Mediterania

avatar kabarhit.com

TRIPOLI, KABARHIT.COM-  TNI AL-Puspenerbal, Helikopter AS 565 MBe Panther HS-1305 yang tergabung dalam Satgas MTF TNI Konga XXVIII-O/UNIFIL berdasarkan informasi dari Lebanon Armed Force (LAF) Navy melaksanakan operasi Search and Rescue (SAR) terhadap dugaan kapal pengungsi dari Suriah yang tenggelam di sekitar 40 NM lepas pantai Tripoli, Laut Mediterania atau berada di Zona 1 Utara Area Operasi MTF Minggu (11/2/2024) lalu.

Informasi mengenai musibah tersebut didapat dari laporan warga ke LAF Navy bahwa salah satu keluarga yang ada di kapal tersebut mengalami kedaruratan.

Baca Juga: Puspenerbal Gelar Peringatan Nuzulul Qur'an 1445 H dan Tasyakuran Kenkat

Saat itu juga KRI Diponegoro-365 yang sedang melaksanakan operasi di area tersebut, mendapatkan mandat untuk mencari posisi diduga kapal tenggelam dan mempersiapkan untuk proses evakuasi lebih lanjut.

Baca Juga: Heli HS-1305 Cross Deck Landing Exercise di Kaprang Yunani HS Spetsai F-453

Selanjutnya untuk mempercepat proses pencarian, Heli HS-1305 dengan Captain Pilot Kapten Laut (P) Rayendra Jaka dan Copilot Lettu Laut (P/W) Michelle mendapatkan perintah terbang untuk melaksanakan pencarian di area sekitar posisi duga kapal tenggelam sekitar jarak 10 NM dari KRI dengan menggunakan sensor Forward Looking Infra Red (FLIR).

Hasil pencarian di lokasi tersebut didapatkan informasi bahwa ditemukan 1 kapal nelayan terapung tanpa ada personelnya. Setelah dilaksanakan pencarian selama 2 jam, tidak ditemukan adanya kapal tenggelam maupun korban.

Baca Juga: Beri Kuliah Umum di Seskoal, Menteri AHY: Peran TNI AL Penting dalam Tata Ruang Pertahanan Indonesia

Laporan hasil pencarian tersebut kemudian diteruskan kepada MTF Commander dan LAF Navy. Mereka menyampaikan ucapan terimakasih kepada prajurit KRI Diponegoro-365 dan Air Crew HS-1305 atas kesigapan dan respon cepat terhadap informasi yang diberikan.

Editor : deni