Komandan Puspenerbal Dampingi Kasal Lepas 936 Peserta Fin Swimming Selat Madura Kasal Cup 2024

SURABAYA, KABARHIT.COM - TNl AL-Puspenerbal (25/2/2024).
Komandan Pusat Penerbangan TNl Angkatan Laut (Danpuspenerbal) Laksda TNl Sisyani Jaffar turut dampingi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) melepas 936 peserta Fin Swimming Selat Madura Kasal Cup 2024 dalam rangkaian menyambut Hari Ulang Tahun ke-62 Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNl AL yang dihelat di Komando Armada (Koarmada) II, Ujung, Surabaya, Minggu (25/2/2024).

Kegiatan spektakuler Fin Swimming Selat Madura yang digelar TNI AL tersebut, dilepas oleh Kasal Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, dari lokasi start di dermaga Kamal Bangkalan, Madura menuju finish di area Komando Armada (Koarmada) II, Ujung, Surabaya.

Baca Juga: Apel Khusus Jelang Lebaran, Danpuspenerbal Ingatkan Disiplin Pelaksanaan Cuti Idul Fitri

Fin Swimming Selat Madura Kasal Cup 2024 adalah salah satu event terbesar di Surabaya yang mampu menarik atensi dari masyarakat pecinta olahraga renang dan selam. Pendaftaran dalam lomba ini telah dibuka bagi masyarakat luas mulai dari 1 hingga 23 Februari, peserta diwajibkan melampirkan surat keterangan sehat dari dokter. Sedangkan tecnical meeting lomba diselenggarakan pada 24 Februari 2024.

Acara ini dibuka untuk umum dengan batas usia peserta minimal 13 tahun. Kategori Kelompok peserta dalam lomba ini mulai dari masyarakat umum putra dan putri, TNI/POLRI putra dan putri, hingga Master Umum/TNI/POLRI putra usia lebih dari 40 tahun. Para peserta lomba akan mendapatkan sertifikat dan medali finisher, serta hadiah lomba berupa uang pembinaan dari tiap-tiap kategori dengan total hadiah sebesar Rp. 100.000.000,-.

Dalam pelaksanaannya, dimulai dengan para peserta dikumpulkan di Dermaga Madura atau Dermaga TNI AL area Koarmada II, melaksanakan registrasi ulang dan pengecekan kesehatan oleh tim kesehatan dan menerima briefing dari panitia. Setelah itu para peserta dibawa ke lokasi start yakni di Dermaga Kamal Madura dengan menaiki Landing Craft Vehicle Personel (LCVP), speedboat, dan perahu karet.

Selanjutnya dari titik start, peserta lomba akan menyeberangi Selat Madura sejauh kurang lebih 4,6 Km, hingga kembali lagi ke area Koarmada II. Guna mengamankan jalannya lomba tersebut, sepanjang rute renang ini TNI AL mengerahkan 1 Kapal Angkatan Laut, 4 LCU, 5 Rigid Hulled Inflatable Boat (RHIB), 2 ambulance serta 14 sekoci karet.

Baca Juga: Wakili Kasal, Danpuspenerbal Serahkan Paket Lebaran pada Personel Penerbangan TNl AL Surabaya

Selain menggelar lomba fin swimming Selat Madura, dalam kesempatan ini juga dimeriahkan dengan demonstrasi terjun payung para prajurit dari satuan elit TNI AL yaitu Kopaska dan Yontaifib Marinir. Tidak ketinggalan, bagi masyarakat yang hadir secara langsung juga akan menikmati bazar, hiburan prajurit serta Display Komunitas kendaraan bermotor.

Pada hari yang sama, bertempat di Markas Komando Pusat Komando Pasukan Katak (Puskopaska), Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali memimpin penyematan Brevet Kehormatan Komando Pasukan Katak kepada delapan orang Perwira Tinggi TNI AL.

Bukan saja di Surabaya, dalam menyambut HUT Kopaska tahun ini, kegiatan akan digelar di sejumlah kota seperti di Jakarta yang akan menggelar Fun Bike, Fun Walk dan Fun Run yang dilaksanakan pada tanggal 3 Maret 2024 mendatang.

Baca Juga: Peringati HUT Ke-62, Komandan Puspenerbal Hadiri Sarasehan Kopaska TNl AL

Selain itu juga digelar Ziarah Tabur Bunga, Sarasehan Pembangunan Postur Kopaska, Bakti Sosial Masyarakat Pesisir, serta Doa Bersama. Sedangkan di Sorong Papua, akan dilaksanakan lomba menembak pistol, serta juga pelaksanaan Bakti Sosial Kepada Masyarakat Pesisir.

Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) adalah salah satu komponen penting sebagai pasukan elit TNI AL yang mempunyai spesialisasi khusus, yaitu Peperangan Laut Khusus. Kopaska TNI AL didirikan oleh Presiden Soekarno pada 31 Maret 1962. Kopaska memiliki semboyan "Tan Hana Wighna Tan Sirna" yang artinya "Tidak ada rintangan yang tidak dapat diatasi".

Kopaska sebagai pasukan khusus TNI AL tak hanya dituntut masalah intelegensi pada saat penyerangan, penyerbuan dan pertempuran. Tapi juga memiliki kemampuan jasmani yang prima agar mampu menghancurkan musuh secara cepat dan tepat.

Editor : deni