Wali Kota Eri Menerima Adipura Kencana ke-8 Kali, Terima Kasih Warga Surabaya

SURABAYA, KABARHIT.COM - Pemkot Surabaya meraih penghargaan Adipura Kencana Tahun 2023 dari KLHK RI untuk pengelolaan lingkungan.

Penghargaan ini tak lepas dari peran serta masyarakat, stakeholder, dan pemerintah dalam menjaga kebersihan di Kota Pahlawan. Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, menggelar arak-arakan penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi dan terima kasih.

Baca Juga: Pemkot Surabaya mendekatkan diri dengan warga dengan menyediakan layanan kesehatan di Pustu-Posyandu

Dengan mengendarai mobil jeep, Wali Kota Eri didampingi Ketua TP PKK Surabaya, Rini Indriyani, memimpin arak-arakan Adipura Kencana bersama sejumlah penghargaan lain yang diterima pemkot. Arak-arakan dimulai start dari Jalan Ahmad Yani Surabaya, tepatnya di depan DBL Arena sekitar pukul 10.50 WIB.

"Matur nuwun nggih pak (terima kasih ya pak)," ujar Wali Kota Eri menyapa seorang petugas kebersihan saat melintas di Jalan Ahmad Yani Surabaya.

Kemudian rombongan melaju ke Jalan Raya Darmo, Jalan Basuki Rahmat, Jalan Gubernur Suryo, Jalan Yos Sudarso dan finish di Taman Surya, Balai Kota Surabaya.

Di sepanjang rute arak-arakan, Wali Kota Eri tampak sesekali juga menyapa masyarakat yang antusias menyaksikan jalannya pawai tersebut. Bahkan, di beberapa titik rute pawai, ratusan pelajar dari sejumlah SMP dan Kader Surabaya Hebat (KSH) juga terlihat antusias menyambut rombongan.

Baca Juga: Dispendukcapil Surabaya Gencar Pantau kedatangan Penduduk fiktif Pasca Lebaran Dengan libatkan RT/RW

Sementara saat di Taman Surya Balai Kota Surabaya sekitar pukul 11.34 WIB, rombongan disambut dengan pertunjukan Reog Ponorogo. Di sana juga terlihat panggung hiburan serta berbagai makanan yang sengaja disiapkan untuk ratusan pelajar, KSH dan petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya.

"Alhamdulillah hari ini kita bisa mendapatkan Adipura Kencana yang kedelapan berturut-turut. Matur nuwun ini semua berkat njenengan (anda). Ada Kader Surabaya Hebat, teman-teman lurah-camat dan teman-teman kebersihan yang sangat luar biasa," kata Wali Kota Eri dalam sambutannya.

Menurut dia, Kota Surabaya tidak akan bisa meraih penghargaan Adipura Kencana kedelapan kalinya tanpa dukungan semua pihak. Sebab, kata dia, Surabaya ini adalah kota dan rumah milik bersama. 

Baca Juga: Wali Kota Eri Meminta Agar kenaikan Pajak Reklame sesuai Arahan BPK dan Tidak memberatkan Pengusaha.

"Semoga Adipura Kencana ini memberikan semangat kepada kita, menunjukan kepada kita, bahwa Surabaya dibangun dengan rasa kekeluargaan dan kebersamaan," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Eri sekaligus mengapresiasi kehadiran pelajar SMP yang turut menyambut kedatangan piala Adipura Kencana. Ia berharap, Adipura Kencana ini dapat menjadi contoh bagi para pelajar bahwa penghargaan tersebut bisa diraih berkat gotong-royong semua pihak.

"Kita bisa ditunjukkan bahwa kita sebagai manusia, punya derajat, harkat dan martabat yang sama untuk membangun kota ini. Matur nuwun (terima kasih) dan sukses selalu untuk semuanya," pungkasnya. 

Editor : deni