Bupati Sidoarjo akan segera Memperbaiki jalan Pertigaan Kletek dan jalan Prambon Pakerin

avatar kabarhit.com

SIDOARJO, KABARHIT.COM  - Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali mengatensi perbaikan jalan berlubang di pertigaan Kletek. Pada Senin Pagi (18/3/2024), alat berat datang untuk segera memperbaiki jalan.

Gus Muhdlor mengatakan bahwa perbaikan jalan menuju pertigaan Kletek akan dilakukan pada tahun 2024.

Baca Juga: Pengamat Nilai Proyek Masif Betonisasi Sidoarjo Jadi Kabar Menggembirakan Untuk Semua Lapisan Masyarakat

“Perbaikan jalan arah pertigaan Kletek ini sudah direncanakan tahun kemarin dan pengerjaannya dikebut awal tahun ini. Mohon masyarakat sabar, pembangunan dan perbaikan jalan terus dilakukan,” jelas Gus Muhdlor.

Ia menjelaskan, selain jalan arah pertigaan Kletek, yang juga akan segera dikebut pengerjaanya yakni jalan Prambon sebelah PT. Pakerin. Jalan tersebut kata Gus Muhdlor  mengalami kerusakan dan perbaikannya akan dikebut.

“Jalan berlubang di Prambon dekat Pakerin itu juga akan segera diperbaiki dalam waktu dekat,” terangnya.

Bupati Ahmad Muhdlor memastikan setiap laporan dan aduan terkait jalan rusak diperhatikan dan ditindaklanjuti. Ia juga menginstruksikan ke Dinas PU Bina Marga dan SDA memetakan rencana betonisasi selanjutnya yang menjadi prioritas untuk dikerjakan di tahun depan.

“Solusi mengatasi jalan rusak akibat genangan air hujan yakni dengan betonisasi. Dan program betonisasi sudah masuk prioritas pembangunan Pemkab Sidoarjo. Ini solusi jangka panjang yang dalam 3 tahun terakhir ini sudah dikerjakan masif. Hanya saja tidak bisa langsung semua jalan dibeton, dikerjakan bertahap. Karena anggaran tidak hanya untuk jalan beton, juga untuk frontage road dan pembangunan infrastruktur lain seperti sekolah dan rumah sakit,” ungkap Gus Muhdlor.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (PU Bina Marga SDA) Kabupaten Sidoarjo, Dwi Eko Saptono mengatakan, kalau perbaikan akan dimulai pada tanggal 18 Maret 2024.

Baca Juga: Proyek Beton Sidoarjo, Peluang Investasi dan Pemacu Pertumbuhan Ekonomi.

"Sesuai Surat Perintah Kerja (SPK) sudah siap diperbaiki. Pagi ini tadi sudah didatangkan alat berat kemudian nanti menyusul material, paling lambat satu atau dua hari ini sudah mulai dikerjakan," katanya.

Perbaikan tersebut lanjut Dwi yaitu meliputi penambalan aspal jalan berlubang yang tidak cukup dalam, sedangkan yang berlubangnya cukup dalam akan dilakukan penanganan khusus.

"Pengerjaan proyek dilakukan melalui belanja e-katalog lokal. Pada tanggal 18 Maret tersebut sejumlah alat berat untuk mendukung pengerjaan aspal juga didatangkan," tambahnya.

Dwi juga menambahkan setelah pengerjaan ini selesai, maka yang masuk dalam antrian selanjutnya adalah jalan rusak di sebelah PT. Pabrik Kertas Indonesia (Pakerin) yaitu Jalan Raya Prambon.

Baca Juga: Jalan Suko-Masangan Wetan dibeton, warga senang keluhannya direspon Bupati Sidoarjo.

"Setelah ini pengerjaan jalan berlubang lainnya adalah Jalan Raya Prambon tepatnya di sebelah PT. Pakerin," ucapnya.

Dwi pun menjelaskan beberapa jalan rusak yang dikeluhkan oleh warga di Kabupaten Sidoarjo memang ditengarai akibat curah hujan hingga tonase truk yang over capacity (melebihi kapasitas).

"Memang rata-rata jika masuk musim hujan beberapa jalan dengan intensitas hujan yang tinggi akan mengalami kerusakan jalan yang cukup signifikan," tutupnya. 

Kominfo

Editor : deni