Komsos Babinsa Serda Sulis, Berikan Saran Para Nelayan di Desa Pangkah Kulon

GRESIK, KABARHIT,COM - Babinsa Serda Sulis Koramil 0817/13 Ujungpangkah menjalin komsos bersama para nelayan di wilayah desa binaan. Ia mengunjungi langsung ke pesisir pantai tempat para perahu nelayan bersandar, di Desa Pangkah Kulon, Kec. Ujungpangkah, Kab. Gresik. Sabtu (13/01/2024).

Menurut keterangan dari Babinsa Serda Sulis, mayoritas warga binaannya berprofesi sebagai nelayan maupun pengais rejeki dari hasil laut dan pertambakan ikan. Ia terbilang selalu aktif monitoring wilayahnya sembari menjalin komsos untuk memperkuat hubungan silaturrahmi dan kekeluargaan bersama warga binaannya.

Baca Juga: Babinsa Koramil 0830/04 Bubutan Pantau Arus Mudik di Stasiun Kereta Api

Saat berbincang dengan 3 orang nelayan yang sedang persiapan melaut kembali, ia mengatakan bahwa faktor keamanan dan keselamatan harus dipastikan terlebih dahulu. Dari kondisi fisik perahu yang aman siap untuk digunakan, alat peralatan seperti jaring, benang maupun lainnya. Serta bahan logistik melaut dan lainnya harus dalam kondisi siap.

"Persiapan yang matang sebelum pergi melaut, faktor keamanan dan keselamatan yang utama," tuturnya.

Baca Juga: Sinergi Babinsa Bersama Warga, Bangun Fasilitas Tempat Pemakaman Umum

Babinsa Serda Sulis menghimbau pada para nelayan binaannya agar melihat kondisi cuaca sebelum pergi melaut, apabila cuaca mendung, hujan maupun angin baiknya aktivitas melaut ditunda dahulu menunggu kondisi cuaca yang aman.

Selain itu, kondisi fisik yang lelah juga menurutnya tidak memungkinkan aktivitas melaut akan berjalan maksimal. Sehingga para nelayan juga harus memperhatikan kondisi kesehatan badan. Karena aktivitas melaut tidaklah mudah, butuh tenaga ekstra untuk menghadapi berbagai kemungkinan dan kendala.

Baca Juga: Monitoring Pos Pantau Pengamanan Arus Mudik Lebaran Kecamatan Manyar

Ia selalu memberikan semangat dan dorongan motivasi supaya para nelayan binaannya tetap bersemangat dalam bekerja mengais ikan. Namun perlu dicatat bahwa aktivitas melaut untuk mencari ikan juga harus memperhatikan kelestarian ekosistem laut. Sehingga ia memberikan himbauan agar para nelayan bekerja dalam taraf yang normal (tidak menggunakan bom atau bahan racun) supaya kelestarian ekosistem laut tetap terjaga.

"Hati-hati dalam melaut, semoga rejeki yang didapat memenuhi kebutuhan keluarga dan berkah," pungkas Serda Sulis (Pen0817).

Editor : deni