Dandim Gresik Apresiasi Kemeriahan Kontes dan Lelang Bandeng Kawak Kab. Gresik Tahun 2024

avatar kabarhit.com

GRESIK, KABARHIT.COM - Ribuan masyarakat tumpah ruah menyaksikan Kontes Bandeng Kawak yang menjadi puncak gelaran Pasar Bandeng Kawak Tahun 2024 terselenggara di kota tua Bandar Grisse, Jalan Basuki Rahmat, Kabupaten Gresik. Senin (8/4/2024) malam.

Hadir dalam acara Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono, Forum Pimpinan daerah (Forkopimda) Kabupaten Gresik, perwakilan bupati/walikota, rektor kampus dan perwakilannya, Kepala OPD dan ribuan warga.

Baca Juga: Hadiri Peringatan HKG PKK KE 52, Pj.Gubernur Adhy : Jatim terbebas dari Stunting dan KDRT

Merupakan tradisi setiap tahun jelang akhir Ramadan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri, acara dibuka dengan penampilan musik cager, tarian, dan pemberian penghargaan kepada 50 budayawan Kabupaten Gresik.

Bupati Gresik, Fandi Ahmad Yani, SE. menyebut kegiatan ini merupakan tradisi turun temurun dan merupakan warisan budaya dari zaman Sunan Giri, seorang pemimpin visioner dalam meningkatkan ekonomi masyarakat. Hingga kini tradisi tersebut terus dilestarikan dan menjadi spirit penguatan kebangkitan ekonomi masyarakat Gresik.

"Diselenggarakan pada setiap tahun Pasar Bandeng Kawak sebagai tradisi dan nilai budaya agar tidak hilang. Selain itu, kegiatan ini memiliki dampak positif untuk perekonomian masyarakat sekitar."kata Gus Yani panggilan akrab Bupati Gresik saat memberikan sambutan.

Sementara itu, sebagai penanggungjawab kegiatan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disparekrafpora) Pemkab Gresik Drg Saifuddin Ghozali mengatakan bahwa konsep kontes bandeng kawak 2024 dikemas sebagai pesta rakyat.

Baca Juga: Dandim 0817/Gresik Meninjau Rumah Warga Terdampak Gempa di Pulau Bawean

"Untuk itu, masyarakat diajak turut aktif berpartisipasi dalam kegiatan ini, mulai dari mengikuti pameran UMKM hingga makan bareng gratis jelang puncak Kontes Bandeng Kawak 2024."ujarnya.

Turut menghadiri kemeriahan Kontes Bandeng Kawak 2024, Dandim 0817/Gresik Letkol Inf Ahmad Saleh Rahanar S.Sos sangat mengapresiasi kegiatan tersebut yang merupakan warisan budaya dan memberikan manfaat, meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Kegiatan ini sesuatu yang luar biasa, event melestarikan budaya, acara Pasar Bandeng Kawak terselenggara sangat meriah dan bisa menggerakkan perekonomian masyarakat khususnya Kabupaten Gresik."kata Dandim.

Baca Juga: Pj Gubernur Adhy Mengajak menjadi Problem Solver melalui Aksi Perubahan Berdampak

Untuk diketahui, pemenang juara I mendapat uang tunai sebesar Rp 30 juta diraih oleh Syaifullah Mahdi warga Desa Pangkahwetan, Kecamatan Ujungpangkah dengan berat 13,1 kilogram dan panjang 100 cm.

Kemudian juara II mendapat uang tunai sebesar Rp 25 juta diraih oleh Askin berasal dari Dusun Tanjungrejo, Desa Pangkah Wetan, Kecamatan Ujungpangkah dengan berat Bandeng 11 kilogram dan panjang 103 cm.

Sedangkan, juara III mendapat uang tunai sebesar Rp 20 juta diraih oleh Zainul Abidin berasal dari Desa Watuagung Kecamatan Bungah dengan berat 8 Kilogram dan panjang 97 cm.(Pen0817).

Editor : deni