BI Sebut Pertumbuhan Ekonomi Jatim pada 2024 Menunjukan Trend Positif  dan tetap kuat

avatar kabarhit.com

SURABAYA, KABARHIT.COM - Perekonomian Jawa Timur terus menunjukkan ketahanan dan prospek yang baik. Bank Indonesia memprakirakan pertumbuhan ekonomi Jawa Timur pada tahun 2024 sekitar 4,7% – 5,5% (yoy), didorong oleh permintaan domestik yang kuat akibat pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak.

Rizki Ernadi Wimanda, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur mengatakan, potensi meningkatnya konsumsi RT, LNPRT, LU perdagangan, dan LU AK Mamin akan menyertai pertumbuhan ekonomi Jawa Timur yang kuat. Inflasi 2024 diperkirakan akan tetap terjaga dalam rentang sasaran 2,5±1%.

Baca Juga: BI Jatim Menyelengarakan Bincang Milenial dan Student Summit , Ajak Generasi Muda Cinta, Bangga, Paham Rupiah

"Inflasi pangan diperkirakan terkendali dengan cuaca kondusif dibanding tahun 2023. Koordinasi kebijakan dengan Pemerintah Pusat dan Daerah melalui TPIP dan TPID serta GNPIP, berkontribusi dalam pengendalian inflasi." ujar Rizki Ernadi Wimanda pada saat Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2023 yang digelar di Surabaya pada 29 November 2023.

Masih Rizki Ernadi Wimanda, Kredit diperkirakan akan tumbuh sebesar 10%-12% (yoy) berkat Kebijakan Insentif Likuiditas Makroprudensial (KLM) yang berlaku sejak 1 Oktober 2023 untuk meningkatkan likuiditas perbankan dan mendorong pertumbuhan yang seimbang.

Baca Juga: BI Jatim Ikut Bangkitkan Minat Baca Kepada Generasi Muda lewat Festrip 2023

"Sinergi dan inovasi merupakan kunci dari prospek kinerja ekonomi Jawa Timur pada tahun 2024 yang akan melanjutkan ketahanan dan kebangkitan ekonomi," beber dia

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak menyampaikan, dalam menghadapi tantangan global, Pemprov Jatim merumuskan 5 strategi utama untuk percepatan pembangunan ekonomi. Pertama, Percepat pembangunan industri dan perdagangan melalui peningkatan ekspor, KAD, dan misi dagang. Kedua, Transformasi sektor pariwisata dengan penguatan aspek 3A2P, desa wisata, dan platform digital.Ketiga, akselerasi investasi dan program promosi serta kemudahan perijinan. Keempat, optimalisasi sektor agro dan ketahanan pangan untuk mendukung pertanian dan mengendalikan inflasi.Kelima, penguatan koperasi dan UMKM melalui program OPOP dan millennial job center, dan sebagainya.

Baca Juga: Tingkatkan Pelayanan, KBS Aktifkan Pembayaran Dengan Menggunakan QRIS

"Provinsi Jawa Timur tetap dalam semangat “Jatim Bangkit Optimis Terus Melaju," tegas Emil Elistianto Dardak

Forum PTBI adalah forum tahunan yang membahas kondisi perekonomian terkini, tantangan, prospek, dan arah kebijakan Bank Indonesia di Jawa Timur. Kegiatan ini diadakan bersama dengan kegiatan Bank Indonesia di Kantor Pusat dengan pemaparan Gubernur Bank Indonesia dan arahan Presiden RI.

Editor : deni