Pendampingan Babinsa Serda Tormuji Pada Pekerja UMKM Pembuatan Kapal Nelayan di Desa Delegan

GRESIK, KABARHIT.COM Babinsa Koramil 0817/14 Panceng, Serda Tormuji melaksanakan pendampingan UMKM pembuatan kapal nelayan di Desa Delegan Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik. Hal ini ia lakukan guna memberikan motivasi untuk terus mengembangkan usaha warga di desa binaannya. Selasa (9/01/2023).

Dalam pendampingannya itu, ia membuka komsos dengan para pekerja dari Pak Amrullah selaku pemilik UMKM pembuatan kapal nelayan. Usaha tersebut telah dijalani dari generasi ke generasi. Sehingga telah dikenal luas oleh para nelayan hingga luar daerah Panceng.

Baca Juga: Danramil Beserta Babinsa, Kawal Rapat Rekapitulasi Hasil Perhitungan Perolehan Suara Pemilu 2024

Di lokasi tersebut, Babinsa Serda Tormuji menyampaikan bahwa sebelum mulai merakit pembuatan kapal, bahan dasar kayu harus diperhatikan. Pemilihan kayu yang tepat harus diutamakan. Yakni yang kokoh dan tidak mudah keropos. Tentunya mempengaruhi hasil kualitas kapal nelayan yang dihasilkan.

"Bahan kayu yang digunakan menjadi salah satu faktor yang dominan menghasilkan kapal nelayan yang berkualitas dan awet," pendapatnya.

Baca Juga: Danramil Dukun Menghadiri Rapat Pleno Terbuka Kecamatan Dukun

Babinsa Serda Tormuji bangga akan ketekunan para pekerja Pak Amrullah dalam pembuatan kapal nelayan. Pengerjaan 1 buah kapal nelayan dilakukan oleh 2 orang pekerja. Ia menyaksikan keuletan mereka dalam pengerjaan langkah demi langkah. Dari pemilihan kayu hingga proses finishing.

Di tempat yang berbeda, Pak Amrullah sangat senang dengan adanya dukungan motivasi yang diberikan Babinsa kepada para pekerjanya. Menurutnya, UMKM pembuatan kapal nelayan hasilnya sangat menggiurkan. Pemesanan cukup banyak, ia menerapkan prosedur indent yakni membuat perjanjian terlebih dahulu supaya terjalin kepercayaan antara pemesan (konsumen) dengan pihaknya (produsen).

Baca Juga: Kodim 0817/Gresik Selenggarakan Peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1445 H / 2024 M

Dengan adanya pendampingan Babinsa Serda Tormuji terhadap UMKM pembuatan kapal nelayan ini, harapannya usaha warganya tersebut akan semakin maju dan berkembang. (Pen0817).

Editor : deni