Manfaatkan Waktu Sandar, Crew Heli HS-1305 Laksanakan Aircraft Maintenace

LEBANON , KABARHIT.COM- TNI AL- Puspenerbal (10/2/2024).
Memanfaatkan waktu senggang saat port visit/sandar di Pelabuhan Bairut, Lebanon, Crew Heli HS-1305 Satgas MTF TNI KONGA XXVIII-O UNIFIL melaksanakan Aircraft Maintenance di geladak Heli KRI Diponegoro-365 pada Jum'at (9/2/2024).

Helikopter Panther AS 565 MBe HS1305 yang berada di bawah satuan Skuadron Udara 100 Wing Udara 2 Puspenerbal ini, diawaki Capten Pilot, Kapten Laut (P) Rangga Birawa dan Kapten Laut (P) Rayendra Jaka Loekmana.

Baca Juga: Unjuk Kemampuan, Heli HS-1305 Laksanakan Crossdeck Exercise dengan HS Limnos F-451

Kemudian untuk Copil diawaki Lettu (P) Galuh Arianto dan Lettu (P/W) Michelle Anggraeni, 5 Crew (Flight Enginer, Mecanik 1 dan 2, Avionik dan Operator Flir).

Pilot-1 Helikopter Panther AS 565 MBe HS1305, Kapten Laut (P) Rangga Birawa mengatakan dengan kondisi medan penugasan di laut dalam waktu yang cukup lama, maka diperlu perawatan dan pemeliharaan helikopter agar selalu dalam kondisi siap terbang dan beroperasi normal.

Aircraft maintenance lanjut Rangga, adalah sebuah prosedur perawatan dan pemeliharaan pesawat terbang yang perlu dilakukan baik secara terjadwal maupun tidak.

Baca Juga: Ditinjau Kasal, Komandan Puspenerbal Saksikan TFG PAM Pemilu 2024

Adapun pelaksanaan maintenance ini jelasnya, meliputi perawatan sistem hidrolik main landing gear, penggantian filter hidrolik, pengecekan sistem avionik serta perawatan secara umum pada kabin helikopter.

Selain itu juga, kegiatan maintenance ini juga bermanfaat bagi para mekanik yang masih muda untuk dapat belajar lebih, tentang bagaimana prosedur perawatan dan pemeliharaan helikopter AS 565 MBe Panther.

Baca Juga: Prajurit Lanudal Manado Gerak Cepat Bantu Bersihkan Rumah Warga Tertimpa Pohon Tumbang

Hal tersebut selaras dengan penekanan dari Komandan Puspenerbal (Danpuspenerbal) Laksamana Muda TNI Sisyani Jaffar, S.M. pada pembekalan sebelum keberangkatan Satgas pada Desember 2023 lalu.

Bahwa Crew agar senantiasa melakukan perawatan dan memelihara Alutsista Pesud TNI AL baik pada saat berada di pangkalan maupun penugasan, sehingga dapat menjaga kondisi teknis pesawat serta dapat optimal dalam melaksanakan misi.

Editor : deni