Di Shelter 400 WU2 Puspenerbal, Asrenum Panglima TNl Terima Sabuk Kehormatan DAN V Taekwondo Kukkiwon

JUANDA, KABARHIT.COM.TNl AL-Puspenerbal Asisten Perencanaan Umum (Asrenum) Panglima TNl, Laksda TNl Edwin menerima sertifikat dan penyematan sabuk kehormatan DAN V dari Kukkiwon Pusat Taekwondo Dunia Korea Selatan yang dilangsungkan di Shelter Skuadron 400 "Sarang Gurita" Wing Udara 2 (WU2) Puspenerbal Juanda, Sabtu (9/3/2024).

Tampak hadir PJU Puspenerbal diantarnya Irpuspenerbal, Dirrenbang Puspenerbal, Danwing Udara 2, Danlanudal Juanda, Kafasharkan Pesud, dan Dankolat Penerbal.

Baca Juga: Asah Kemampuan, Skuadron Udara 400 Wing Udara 2 Gelar Latihan Terbang Malam

Sedangkan dari Kukkiwon hadir Master Kwak Youngmin, M.pe, Master David, Ricky setiawan Anas (Kajari Tanjung Perak), AKBP. Wimboko ,(Waka Polrestabes Surabaya), Zalminato Agung dan lainnya.

Usai penyerahan sertifikat dan penyematan, Laksda Edwin dalam sambutannya mengatakan bahwa Taekwondo bukan hanya ilmu beladiri yang melatih kekuatan, ketahanan dan ketangkasan fisik semata, namun juga merupakan seni bela diri yang mencerminkan nilai-nilai moral, disiplin, rasa hormat dan ketekunan.

Menurut mantan Komandan Puspenerbal ini, melalui Taekwondo, para atlet belajar untuk menghormati lawan, menghargai aturan dan etika, serta mengembangkan sikap disiplin yang kuat.

Olahraga ini dapat dijadikan sarana untuk membangun karakter generasi yang berdisiplin, sportif, menghargai kejujuran, etika dan optimis menatap masa depan.

Baca Juga: Isi Kemuliaan Ramadhan Jelang HUT ke-68 Penerbangan TNl AL, Puspenerbal Gelar Lomba MHQ

"Selamat untuk anak anak yang mendapat kenaikan sabuk harinini, semoga menjadi motivasi untuk berlatih dan meraih prestasi di masa depan," terangnya.

Indonesia dan Korea Selatan lanjutnya, memiliki sejarah panjang dalam hubungan bilateral yang erat, salah satunya dalam bidang olahraga beladiri Taekwondo.

Dengan terjalinnya hubungan baik ini, diharapkan dapat melahirkan talenta-talenta baru atlet Taekwondo yang unggul dari berbagai kalangan, mulai dari instansi militer sampai komunitas taekwondo secara umum.

Baca Juga: Dukung Latihan Paradasar Dikkopaska XLVII, Wing Udara 2 Siapkan Unsur Casa Skuadron Udara 600

Rangkaian kegiatan diakhiri dengan demonstrasi beladiri Taekwondo dari atlet-atlet Taekwondo dan pemberian ucapan selamat kepada 120 peserta yang mendapat sabuk kenaikan tingkat.

Kukkiwon sendiri adalah Markas Taekwondo Dunia yang merupakan organisasi di distrik Gangnam-gu Seoul, Korea Selatan. Organisasi ini didirikan pada 30 November 1972. Kukkiwon berfungsi sebagai badan yang menerbitkan peringkat Taekwondo DAN atau gelar sabuk hitam, promosi dan sertifikasi.

Selain itu, Kukkiwon melakukan penelitian dan seminar pengajaran dan merupakan rumah bagi World Taekwondo Academy.

Editor : deni