Peringati Hut 57 Lanudal Juanda Tabur Bunga di Landasan Pacu

0
Foto : Komandan Lanudal Juanda Kolonel Laut (P) M. Tohir saat Tabur Bunga di landasan Pacu Bandara Internasional Juanda.

KABARHIT, SURABAYA – Prajurit TNI menabur bunga ketika konvoi pesawat di Landasan Pacu Bandara Juanda, Surabaya, kamis ( 12 Agustus 2021). Kegiatan tersebut untuk memperingati HUT ke-57 tahun Pangkalan Udara Angkatan Laut (Lanudal).

Sekaligus mengembalikan marwah bahwa landasan pacu ini sebagai bagian dari Pangkalan Udara Angkatan Laut, bagian satuan militer. Dalam acara upacara tersebut dipimpin oleh Komandan Lanudal Juanda Kolonel Laut (P) M. Tohir.

Komandan Lanudal Juanda Kolonel Laut (P) M. Tohir mengatakan, Puji Syukur, Alhamdulilah, Pada pagi hari ini. Kamis, tgl 12 Agustus 2021. Bertepatan dengan 57 tahun hari ulang tahun Pangkalan Udara Angkatan laut Juanda (Lanudal), pqada tgl 12 Agustus 1964 diresmikan penggunaanya oleh Presiden Republik Pertama Bapak Ir. Soekarno.

” Ini adalah kegiatan yang ketiga kalinya, kegiatan tabur bunga di landasan Pacu Bandara Internasional Juanda, ertujuan untuk mengenang jasa para pendahului sesepuh Penerbangan Angkatan Laut yang saat itu.”

Berinisiasi untuk membangun Pangkalan Udara militer pertama, yang dibangun murni oleh Negara kesatuan Republik Indonesia, Jadi Bandara yang lainnya itu banyak hasil rampasan perang hasil dari warisan para penjajah.

“Ini merupakan suatu kebanggaan Bandara Internasional Juanda di buat pertama kali, yang tujuan saat itu adalah merebut Irian Barat.

Pangkalan Udara Angkatan Laut ini dijadikan tempat awal dari Pesawat tempur Udara maupun Pasukan Pasukan yang akan ke Irian Barat.” tutup Komandan Lanudal Juanda Kolonel Laut (P) M. Tohir

And

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here