Cara Persit Kodim 0817/Gresik Menghibur Korban Bencana Gempa Bawean

avatar kabarhit.com

GRESIK, KABARHIT.COM - Sudah berjalan empat hari bencana gempa bumi di pulau Bawean. Hingga sekarang rasa trauma masih dirasakan oleh warga masyarakat yang terdampak

Sebagai upaya meminimalisir trauma korban gempa di pulau Bawean, Ketua Persit KCK Cab XLIV Dim 0817 Ny. Ria Ahmad Saleh Rahanar bersama anggota Persit ditemani Serka (K) Izza Elmy anggota Kodim 0817/Gresik mengunjungi korban gempa di pulau Bawean.

Baca Juga: TMMD Ke 119 Tahun 2024 Kodim 0817/Gresik Resmi Ditutup

"Kegiatan ini merupakan dukungan dalam penanganan dampak sosial psikologis pada korban bencana. Tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan psikologi individu maupun masyarakat agar cepat bangkit dan tetap berdaya."ujar Ketua Persit KCK Cab XLIV Dim 0817 Ny. Ria Ahmad Saleh Rahanar. Selasa (26/3/2024).

Dalam kegiatannya, menghibur masyarakat yang merupakan korban dampak bencana gempa seperti ibu Ruhaniah hingga sekarang tidak mau tinggal di rumahnya sendiri karena trauma gempa akan timbul lagi.

"Sampai sekarang saya masih takut masuk ke rumah. Apalagi buat singgah, nggak berani. Takutnya kita ketimpa rumah sendiri saat gempa."terang Ibu Ruhaniah.

Baca Juga: Pavingisasi Sasaran Pokok Program TMMD Desa Sembung

"Sebab hingga sekarang gempa sering muncul dan rasanya masih terasa.'imbuhnya.

Menurut Ketua Persit Dim 0817 Ny. Ria Ahmad Saleh Rahanar menyampaikan akan membantu pemulihan psikologi masyarakat akan trauma yang dirasakan, harapannya dapat mengurangi beban emosi dan juga mengembalikan fungsi sosial di dalam lingkungannya.

Baca Juga: Program TMMD Ke 119 Kodim 0817/Gresik di Desa Sembung Menyentuh Hati Masyarakat

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan, games atau permainan ditujukan kepada anak-anak, lalu ada juga kegiatan dongeng dan lain-lain. Untuk orang tua, ada kegiatan memasak bersama maupun makan bersama. Selain itu juga meninjau lokasi atau rumah yang terdampak.

"Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini bisa meringankan trauma para korban bencana gempa bumi di pulau Bawean"pungkasnya.(Pen0817).

Editor : deni