AWS Kirim Ucapan HUT Bhayangkara Ke-78 0 bertema "Polri Presisi untuk Indonesia Maju"

avatar kabarhit.com

SURABAYA, KABARHIT.COM - Pada tanggal 1 Juli 2024, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) merayakan Hari Ulang Tahun Bhayangkara yang ke-78. Perayaan ini tidak hanya menjadi momentum untuk mengenang sejarah panjang pengabdian Polri, tetapi juga untuk merefleksikan dedikasi tanpa henti dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat Indonesia.

Sejak didirikan pada tahun 1946, Polri telah memainkan peran krusial dalam berbagai aspek kehidupan bangsa. Dengan semboyan "Rastra Sewakottama" yang berarti "Abdi Utama bagi Nusa Bangsa," Polri selalu berkomitmen untuk menjadi pelayan dan pelindung masyarakat.

Baca Juga: Anggota AWS Tanda Tangani Pakta Integritas Tanda Kesanggupan Menjadi Anggota

Tahun ini, perayaan HUT Bhayangkara mengusung tema "Polri Presisi untuk Indonesia Maju." Tema ini menggambarkan tekad Polri untuk terus bertransformasi dan meningkatkan profesionalisme dalam rangka mewujudkan keamanan yang presisi, prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan.

Berbagai kegiatan dilakukan dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-78, mulai dari upacara bendera, bakti sosial, hingga kegiatan olahraga dan budaya. Tidak hanya di tingkat pusat, tetapi juga di seluruh wilayah Indonesia, Polri menunjukkan kebersamaan dengan masyarakat dalam berbagai aktivitas.

Dalam kesempatan ini Ketua aliansi wartawan Surabaya mengirimkan karangan bunga ucapan selamat hari Bhayangkara di halaman Polrestabes Surabaya sebagai bentuk dukungan AWS kepada Polri.

Kiki Kurniawan mengatakan, "kami keluarga besar aliansi wartawan Surabaya (AWS) mengucapkan selamat ulang tahun Bhayangkara ke 78,kami juga mewakili awak media yang tergabung dalam wadah aliansi wartawan Surabaya (AWS) memeberikan apresiasi sebesar besarnya kepada Polri dan berharap agar Polri tetap menjadi Polisi Istimewa seperti para pendahulu sebelumnya.

Menurutnya, Ini menjadi salah satu bentuk apresiasi atas dedikasi para aparat kepolisian kepada negara dan rakyat. Terutama sebagai mitra kerja Jurnalis untuk terus memberikan edukasi terkait hukum dan aturan di wilayah Jawa Timur khususnya di kota Surabaya.

Baca Juga: Bertepatan Hari Pers Nasional, Pengurus Aliansi Wartawan Surabaya (AWS) periode 2022-2024 Resmi dikukuhkan

"Semoga mitra ini tidak terhenti disini Kami sudah bermitra dengan baik, bersama Polri dan TNI begitu juga Pemprov maupun Pemkot. Semoga di angka 78 ini, sinergitas bisa terus terjaga dan Polri semakin kuat, bersama pilar ke empat negara ini. Semoga Pimpinan hingga Petugas Kepolisian kita selalu sehat dalam setiap tugasnya dan tidak ada lagi diskriminasi terhadap jurnalis, Dirgahayu Polri,” ujarnya.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam sambutannya mengingatkan pentingnya menjaga sinergi antara Polri dan masyarakat. "Polri tidak bisa bekerja sendiri. Dukungan dan partisipasi aktif dari masyarakat sangat diperlukan untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif," ujar Kapolri.

Beliau juga menekankan pentingnya inovasi dalam menghadapi tantangan keamanan yang semakin kompleks di era digital. "Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kemampuan personel dan memanfaatkan teknologi terkini guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," tambahnya.

Perayaan HUT Bhayangkara ke-78 ini menjadi momen penting bagi Polri untuk mengukuhkan komitmen dalam melaksanakan tugas dengan profesional, modern, dan terpercaya. Masyarakat diharapkan turut serta mendukung setiap langkah Polri demi terciptanya Indonesia yang lebih aman dan maju.

Baca Juga: Silaturahmi Sekaligus Pengukuhan Aliansi Wartawan Surabaya (AWS) Masa Bhakti 2021 - 2024

Dengan semangat Bhayangkara, mari bersama-sama kita wujudkan keamanan dan ketertiban yang lebih baik di Indonesia. Selamat Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-78.

Untuk diketahui, Hari Bhayangkara ke-77 tahun ini jatuh pada 1 Juli 2023. Diambilnya tanggal 1 Juli karena bertepatan dengan tanggal Penetapan Pemerintah tahun 1946 No. 11/S.D yang diterbitkan pada 1 Juli 1946. Ini mengatur tentang aparat Kepolisian Negara yang bertanggung jawab langsung kepada Perdana Menteri/Presiden.

Setelah masa penjajahan di indonesia berakhir, polisi bertugas menjadi kepolisian Indonesia yang mandiri. Untuk itulah setiap tahun juga diperingati Hari Bhayangkara ini.(red)

Editor : deni