Kontingen Pencak Silat Puspenerbal Raih 22 Medali di Kejuaraan Pencak Silat Kesultanan Kacirebonan 2024

avatar kabarhit.com

JUANDA, KABARHIT.COM  - TNl AL-Puspenerbal .Kontingen Pencak Silat Pusat Penerbangan TNl Angkatan Laut (Puspenerbal) berhasil meraih 22 medali di Kejuaraan Pencak Silat Kesultanan Kacirebonan Tingkat Nasional tahun 2024 yang berlangsung empat hari (4-7 Juli 2024) di GOR Bima Kota Cirebon, Jawa Barat.

Hal tersebut dikatakan Ketua Kontingen sekaligus Pelatih Utama Pencak Silat Puspenerbal, Letnan Kolonel Laut (KH) Sugiarto saat tiba di Mako Puspenernal, Jl. Raya Juanda, Sedati, Sidoarjo pada Senin (8/7/2024).

Baca Juga: Wakil Komandan Puspenerbal Hadiri Tupdik Dikbrevet TNI AL dan Kursus Peperangan Laut Khusus

Dalam Kejuaraan Pencak Silat Kesultanan Kacirebonan Tingkat Nasional tahun 2024 ini, Kontingen Puspenerbal membawa 22 atlet yang bersaing dengan 457 perserta dari seluruh Indonesia yang turun dibeberapa kelas dari dua kategori yang dipertandingkan, yaitu Kategori Seni dan Kategori Laga.

Ketua Kontingan mengatakan, dari 22 medali yang berhasil didulang Kontingen Puspenerbal tersebut, terdiri dari tujuh medali emas, tujuh medali perak dan delapan medali perunggu.

Tujuh Medali Emas tersebut, diraih di Kategori Seni Pra Remaja Putri, Kategori Laga Usia Dini Kelas A Putri, Kategori Laga Usia Dini Kelas B Putra, Kategori Laga Usia Dini Kelas C Putra, Kategori Laga Usia Pra Remaja Kls B Putra, Kategori Laga Usia Remaja Kelas D Putra dan Kategori Laga Usia Remaja Kelas H Putra.

Sementara itu untuk Medali Perak, diraih di Kategori Seni usia dini-2 putri, Kategori Laga usia dini putri kelas A, usia dini putra kelas B, usia Pra Remaja putra kelas J, usia Remaja putra kelas B dan kelas G serta usia Dewasa putra kelas C

Baca Juga: Latma JCET Thunder Iron 2024, Lanudal Juanda Siap Dukung Operasional Penerbangan Angud Personel dan Material

Sedangkan Medali Perunggu, diraih di Kategori Seni Usia Dini 2 putri, Kategori Laga usia Dini-2, Pra Remaja Kelas B Putri SMP, Pra Remaja Putra Kelas I, Dewasa Putra Kelas C, Dewasa Putra Kelas C, Dewasa Putra Kelas D dan Dewasa Putra Kelas F.

Ketua Kontingen, Letkol Laut (KH) Sugiarto, S.Pd., M.Tr. Hanla., MAP., CHRMP yang berdinas sehari hari sebagai Irda Bin Inspektorat Puspenerbal ini, mengucapkan terimakasih kepada Komandan Puspenerbal, Laksda TNl Sisyani Jaffar yang telah mengizinkan dan mendukung Kontingen Pencak Silat Puspenerbal untuk kali perdana berlaga di luar Kota Surabaya.

Untuk agenda kedepan dalam pembinaan olahraga Pencak Silat, Pelatih Utama Pencak Silat Puspenerbal ini menegaskan untuk melaksanakan evaluasi hasil yang sudah diraih, meningkatkan segi taktik pada laga pertandingan, menambah peralatan dan kelengkapan latihan, seperti patching, hardle, samsack dan matras.

Baca Juga: Taklimat Akhir, Tandai Selesainya Audit Kinerja Itjenal di Puspenerbal

Ia barhap, kedepan kelengkapan peralatan latihan dapat dipenuhi secara bertahap, jumlah atlet terus bertambah untuk memenuhi kategori dan kelas baik pada katagori Seni maupun Laga.

"Khusus untuk atlet pada Usia Dini, Pra Remaja dan Remaja dapat direkrut dari putra putri anggota Puspenerbal atau dari sekolah-sekolah SD, SMP dan SMA sekitar Puspenerbal, karena selama ini belum dapat dipenuhi," terangnya.

Editor : deni