Tangis Keluarga Pecah Saat Melepas Sutopo di Pemakaman

0

Jenazah almarhum Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho telah dimakamkan di TPU Sasonolayu, Boyolali, Jawa Tengah. Ribuan warga ikut mengantarkan jenazah ke pemakaman, tak terkecuali keluarga Sutopo.

Pantauan di lokasi, Senin (8/7), kedua orang tua Sutopo, Suharsono (75) dan  Sri Rusmandari (65), beserta istri Sutopo, Retno Utami Yulianingsih, tak kuasa menahan air matanya saat jenazah Sutopo dimasukkan ke liang lahat.

Upacara dilakukan secara militer dan dipimpin langsung oleh Kepala BNPB Letjen Doni Monardo. Keluarga besar Sutopo juga menaburkan bunga ke dalam liang sebelum ditutup dengan tanah.

Saat itu, bapak dan ibu Sutopo kembali menangis saat diberi kesempatan pertama untuk menaburkan bunga. Beberapa sanak saudara yang ikut mendampingi lalu memegangi pundak keduanya untuk saling menguatkan.

Pemandangan yang sama juga nampak terlihat dari Retno usai menaburkan bunga di atas makam suaminya. Upacara pemakaman sendiri selesai sekitar pukul 09.40 WIB.

Sesuai pemakaman, putra sulung Sutopo, Muhammad Ivanka Rizaldy, mengungkapkan keluarganya sangat kehilangan ayahandanya. Menurutnya, Sutopo adalah sosok yang sangat menyayangi keluarganya.

“Bapak tidak pernah mengeluhkan sakit. Apa yang dilakukan selama ini demi bangsa dan negara. Tidak ada pesan khusus dari bapak. Saya mewakili keluarga berterima kasih pada masyarakat yang telah membantu proses pemakaman” kata Ivanka kepada wartawan.

Upacara pemakaman ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat BNPB, BPBD setempat, hingga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Sutopo meninggal dunia pada pukul 01.00 WIB di Rumah Sakit St. Stamford Modern Cancer Hospital, Guangzhou, China, Minggu (7/7). Ia wafat saat menjalani menjalani perawatan intensif untuk kanker paru-paru stadium 4B yang dideritanya sejak akhir 2017.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here