Air Terjun Coban Talun Pesona alam Kota Batu

0
Image via: www.instagram.com/riantinintan

MALANG | KABARHIT Mendengar kata Malang mungkin sobat native akan berpikir ke suatu tempat yang indah. Dimana kawasan ini memang menjadi pusat perhatian lantaran banyak sekali objek wisata yang hadir di tempat ini. Pesona alam Kota Batu sekaligus suasananya membuat setiap orang pasti merindukan dan ingin kembali lagi kesini.

Salah satu tempat untuk menikmati semua pesona ini adalah Coban Talun. Dimana, sobat native akan disuguhkan dengan air terjun yang sangat indah. Seperti air yang turun dari surga dan tidak akan pernah habis walau terus diambil. Airnya sangat jernih sehingga bisa diminum dan terasa sangat menyegarkan.

Seputar Coban Talun

Menuju ke kawasan Coban Talun memang sedikit menguras tenaga. Kondisinya yang masih alami membuat sobat native harus berjalan diantara rerimbunan hutan. Selain itu, tak jarang bila mendengar suara seperti burung-burung yang bersiul kesana-kemari. Suhu dan suasananya memang bisa meredakan segala beban masalah yang sedang dihadapi.

30 menit adalah waktu yang harus di tempuh untuk menemukan letak Coban Talun yang sangat mempesona. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 75 meter diatas ketinggian 950 mdpl. Curah hujan dikawasan ini 1800mm/tahun.

Perlu diketahui bahwa hutan lindung di kawasan Coban Talun adalah hutan campuran antara pinus dengan kawasan hutan rimba. Coban Talun adalah hulu dari Sungai Brantas yang tidak akan pernah surut walau musim kemarau datang. Debit air yang dihasilkan pun cukup deras pada saat musim kemarau. Saat musim penghujan, debit airnya akan semakin deras sehingga menambah pesona Coban Talun sendiri.

Bagi wisatawan yang mengunjungi kawasan ini ada larangan untuk tidak mendekat di sekitaran air terjun. Sangat berbahaya, apalagi pada saat musim penghujan. Biasanya air yang datang akan bertambah deras dan bisa menimbulkan banjir tiba-tiba. Jadi lebih baik menikmati di batas normal yang diperbolehkan, agar selamat dan tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga :  Pertiwi Nusantara PKN Siap Cetak Perempuan Tangguh Masa Depan Bangsa

Kebun Bunga

Puas menikmati air terjun, saatnya sobat native menikmati suasana berbeda di kebun bunga yang berada tidak jauh dari Coban Talun. Ada berbagai macam bunga dengan warna-warni yang sangat menarik. Bunga-bunga ini bisa dijadikan sebagai salah satu spot foto. Terlebih lagi, tempat ini bisa digunakan untuk prewedding.

Seperti diketahui, tempat prewedding adalah tempat yang sangat romantis dan mengesankan. Dengan kata lain, taman bunga disini mempunyai suasana dan nuansa yang hampir sama. Jadi jangan sampai terlewat untuk mengabadikan setiap momen di kawasan ini.

Kuliner di Coban Talun

Berkeliling Coban Talun dan menikmati kawasan bunga pasti membuat perut sobat native lapar. Di kawasan ini sudah ada café yang menyediakan berbagai macam pilihan menu. Makanan khas Malang yaitu rawon pun ada disini. Udara dingin yang menyelimuti kawasan Coban Talun memang paling cocok jika menyantap yang berkuah.

Apalagi, rawon yang dihadirkan di tempat ini memiliki cita rasa khas malang. Pedas dan gurih menyatu menjadi satu. Menggoyang lidah tanpa henti. Nah, selain itu sobat native juga bisa menikmati minuman teh khas jawa timur yang mempunyai cita rasa sempurna. Sudah sejak lama memang teh jawa timur di kenal dengan aromanya yang menggoda.

Di dekat kawasan Coban Talun terdapat beberapa penginapan yang bisa dipilih, mulai dari resort, hotel dan juga homestay dengan harga yang bisa disesuaikan dengan fasilitas yang akan didapatkan. Di sekitar kawasan Coban Talun hadir penginapan berbeda dengan suasana dan nuasa yang menyenangkan.

Baca Juga :  Tumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air, Babinsa Koramil 0830/05 Tandes Pimpin Upacara di SMPN 42 Surabaya

Kawasan tersebut bernama Apache Camp dan Pagupon Camp. Sobat native bisa memilih salah satu diantara kedua camp tersebut. Perbedaan keduanya adalah di Apache Camp sobat native akan dibawa menuju perkampungan Suku Indian. Perkampungan ini memang sangat menarik untuk dikunjungi.

Rasakan perbedaan antara menginap di camp Suku Indian dan di hotel biasa. Jangan lupa membawa jaket yang tebal, udara malam hari disini akan terasa sangat dingin. Walaupun sudah tersedia selimut, tetap saja perlu membawa jaket untuk berjaga-jaga bila selimut yang disediakan tidak mampu memberikan kehangatan. Ada berbagai macam souvenir yang bisa dipilih mengenai Suku Indian, dengan harga yang cukup terjangkau.

Sementara Pagupon Camp adalah penginapan berbentuk sangkar burung. Jumlah penginapan Pagupon Camp ada 5 buah saja. Disini juga sudah tersedia fasilitas lengkap, sehingga sobat native tidak perlu khawatir. Semua pasti aman terkendali karena banyak sobat native lain yang menyukai kawasan ini.

Toko Souvenir

Selain di kawasan Apache, ada juga toko souvenir di area Coban Talun yang menghadirkan berbagai macam jenis. Seperti baju, aksesoris, dan berbagai macam peralatan lainnya yang bisa digunakan sebagai kenang-kenangan serta oleh-oleh. Harganya pun sangat bersahabat, mulai dari 10 ribu rupiah sobat native bisa membawa pulang souvenir khas coban talun.

Alamat Dan Rute Lokasi

Alamat lokasi kawasan ini berada di Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Sobat native yang ingin menuju ke kawasan ini bisa menempuh dengan dua cara. Yang pertama adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi dan yang kedua bisa menggunakan transportasi umum.

Baca Juga :  Peringati HPN 2023, Wabup Bunda Rita Potong Tumpeng Bersama Komunitas Wartawan Ponorogo

Sobat native yang berasal dari Surabaya arahkan kendaraan menuju ke Mojokerto. Kemudian bertemu dengan pertigaan yang tengahnya terdapat Tugu Adipura, yang letaknya tepat di tengah jalan, selanjutnya belok ke Jalan Arilangga. Dari sini sobat native akan dibimbing dengan berbagai macam papan petunjuk yang sudah banyak tersedia,

Bagi sobat native yang ingin menggunakan kendaraan umum, apabila dari luar kota bisa menggunakan kereta api atau juga bus. Jika, menggunakan kereta api, turun di Stasiun Malang, kemudian sobat native bisa menggunakan angkutan menuju ke Terminal Arjosari. Kemudian beralih menggunakan angkot menuju ke Terminal Landungsari.

Dari Landungsari sobat native bisa melanjutkannya dengan menggunakan angkutan menuju ke Terminal Batu. Lalu pilih angkutan warna oranye yang akan mengantar sobat native menuju ke sSelecta dan Coban Talun.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk kawasan ini adalah 10 ribu rupiah. Ditambah dengan uang parkir sebesar 10 ribu rupiah bagi pengguna mobil dan 5 ribu rupiah bagi pengguna motor. Bagi yang ingin masuk ke dalam kawasan Apache Camp, sobat native harus merogoh kocek lagi sebesar 5 ribu rupiah.

Coban Talun memang menghadirkan pesona yang luar biasa indahnya. Semua yang ada disini wajib untuk dikunjungi dan dirasakan. Inilah salah satu cara untuk menikmati kawasan kota Batu.

By : Citra Fibriyanti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here