Komandan Puspenerbal Terima Kunjungan kerja Kabasarnas

avatar kabarhit.com

SIDOARJO, KABARHIT.COM - TNl AL-Puspenerbal, Komandan Pusat Penerbangan TNl Angkatan Laut (Danpuspenerbal), Laksda TNl Sisyani Jaffar menerima Kunjungan Kerja Kepala Badan SAR Nasional (Kabasarnas) Marsdya Kusworo di Lobby Utama Gedung R. Kasenda, Mako Puspenerbal, Juanda, Senin (4/12/2023).

Dalam kunjungannya ke Puspenerbal, Kabarsarnas didampingi Laksda TNl Eko Ribut (Deputi Bidang Operasi dan Kesiapsiagaan), Marsda TNl Fachrizet (Deputi Bidang Sarpras Siskom), M. Barokna (Deputi Bidang Tenaga dan Ootensi) dan Alkaf Widija (Direktur Sarpras)

Baca Juga: Setelah 425 Hari Jalankan Misi, Heli AS 565 Mbe HS1306 Kembali ke Pangkalan

Sementara itu Danpuspenerbal dalam menerima tamunya didampingi Wadan Puspenerbal Laksma TNl Bayu Alisyahbana, Irpuspenerbal, para Direktur Puspenerbal dan Kasatker Jajaran Puspenerbal.

Komandan Puspenerbal mengatakan Jalinan kerjasama antara Puspenerbal - Basarnas telah berjalan dengan baik, terutama dalam hal pengoperasian helikopter basarnas baik dalam bentuk latihan-latihan maupun tataran operasi SAR yang sesungguhnya telah terlaksana dan terjalin dengan baik.

Namun demikian lanjutnya, kesiapan operasi helikopter Basarnas belum dapat mendukung kegiatan latihan maupun kesiapsiagaan operasi SAR dikarenakan dalam proses pemeliharaan dan perbaikan.

Baca Juga: Wadan Puspenerbal Hadiri Penyerahan Monjaya dan Joy Sailing KRI Bima Suci

"Sampai dengan bulan November 2023 kemarin hanya ada satu helikopter Dauphin AS365 N3+ HR-3603 yang siap mendukung standby SAR," terangnya.

Pada medio pertengahan tahun 2023 yang lalu Kolat Penerbal telah melaksanakan kursus Rescuer yang didukung oleh instruktur dari kantor SAR Surabaya.

Baca Juga: Sandar Surabaya, Wadan Puspenerbal Hadiri Upacara Penyambutan Satgas MTF TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL

Danpuspenerbal mengucapkan terima kasih atas sinergitas yang baik antara Basarnas dan Puspenerbal. Ia berharap, kedepan penambahan unsur helikopter maupun fixed wing yang dapat mendukung latihan dan kesiapsiagaan operasi SAR.

Usai diterima di Mako Puspenerbal, Kabasarnas dan rombongan meninjau pesawat Basarnas yang berada di Shelter Skuadron Udara 400 Wing Udara Puspenerbal Juanda.

Editor : deni