Cegah Longsor dan Banjir, Babinsa Bersama Masyarakat Bangun Plengsengan

GRESIK, KABARHIT.COM Percepatan pembangunan, karya bakti dua Babinsa Koramil 0817/11 Duduksampeyan Serda Suwarto dan Serda sugiono membantu masyarakat dalam pembuatan plengsengan bertempat di Desa Tirem, Kecamatan Duduksampeyan. Jumat (9/2/2024).

Terus dikebut dalam pembangunannya, tumpukan batu disusun kemudian diberikan campuran adonan semen dan pasir guna perekat untuk membangun plengsengan. Dua Babinsa Koramil Duduksampeyan bersama masyarakat, bahu-membahu mengerjakan pembangunan agar cepat terselesaikan sebelum intensitas musim hujan tinggi.

Baca Juga: Danramil Beserta Babinsa, Kawal Rapat Rekapitulasi Hasil Perhitungan Perolehan Suara Pemilu 2024

"Plengsengan yang berfungsi sebagai saluran air ke persawahan dan juga sebagai penahan tanah agar tidak longsor terkikis air disaat hujan. Apabila tidak segera dikerjakan dikhawatirkan disaat hujan, air tidak tertampung dan dialirkan. Sehingga membuat genangan dan banjir di persawahan masyarakat sekitar."terang Babinsa Serda Suwarto.

Baca Juga: Danramil Dukun Menghadiri Rapat Pleno Terbuka Kecamatan Dukun

Dalam pembuatan plengsengan, pondasi dibuat sekuat mungkin karena sesuai fungsinya sebagai penahan tanah dan juga untuk menampung yang kemudian dialirkan.

Di tempat berbeda, Bapak Sapari selaku perangkat desa sangat senang dan terimakasih kepada Babinsa atas kerjasama yang baik dengan masyarakat dalam membantu percepatan pembangunan di wilayah.

Baca Juga: Kodim 0817/Gresik Selenggarakan Peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1445 H / 2024 M

"Dengan kerjasama yang baik, membangun desa untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera."pungkasnya.(Pen0817).

Editor : deni