Ketua PWI Jatim Lutfil Hakim Nyatakan Siap Maju di Pilkada Jatim 2024

JAKARTA, KABARHIT.COM - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur Lutfil Hakim menyatakan kesanggupannya untuk maju sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur.

Hal itu disampaikan ketika di sela-sela makan siang di kawasan Menteng Jakarta Pusat pada Selasa (20/02/2024).

Baca Juga: 43 Wartawan AWS  Surabaya Ikuti OKK PWI Jatim

Cak item sapaan akrab Lutfil Hakim, mengaku ada beberapa pihak yang sudah menawarkan untuk maju sebagai calon wakil gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.

Ia tak menyebutkan siapa saja pihak-pihak yang dimaksudkannya. Namun, kata dia mereka adalah tokoh-tokoh di Jawa Timur.

"Ada beberapa teman-teman komunitas, ya ada tokoh-tokoh juga di Jatim," ujarnya.

Para tokoh itu, kata Cak Item menilai insan pers harus terjun langsung di dalam pelaksanaan kepemerintahan.

"Yang perlu dijelaskan adalah perwakilan masyarakat pers karena dianggap lebih banyak tahu berbagai persoalan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat," katanya.

“Bukan minta ya, hanya menjajaki. Saya tidak tahu mungkin masyarakat pers itu dianggap penting, dilihat dari pilar demokrasi,” ujar Cak Item.

Menurutnya, Pers juga paling tahu apa yang terjadi di wilayah termasuk persoalan dan kebutuhan rakyat di Jawa Timur.

Baca Juga: SPS Jatim Menyelenggarakan Seminar " Berbincang Hangat Dengan Dewan Pres "

“Saya kira kalau itu untuk kepentingan publik, kepentingan masyarakat ya saya siap-siap saja. Saya kira itu yang paling penting lah,” tandas Cak Item.

Ia juga menegaskan kesiapannya apabila ada partai politik yang menugaskan dirinya untuk maju sebagai calon wakil gubernur pada Pilkada Serentak tahun 2024.

Salah satu hal yang siap dibawanya sebagai modal adalah upaya meningkatkan pembangunan yang ada di Jawa Timur dengan memperkuat sinergitas bersama 38 pemerintahan tingkat kabupaten/kota.

"Jadi singkatnya, koordinasi antar pemerintahan yang dipentingkan, supaya pembangunannya bisa berdampak, dan menekan angka kemiskinan juga sangat tergantung kinerja atau performa masing-masing kabupaten kota, lalu pertumbuhan ekonomi juga," ucap dia.

Kemudian, pemerintahan setiap daerah akan dioptimalkan menunjang pelaksanaan kinerja pemerintah provinsi.

"Jadi itu fungsi koordinasi itu, kalau bisa dibuatkan itu lembaga pengkajian masing-masing potensi daerah," tuturnya.

Untuk diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan melaksanakan Pilkada Serentak termasuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur pada tahun 2024.

Pilkada Serentak akan dilaksanakan pada 25 November 2024 sebagaimana tertuang dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 2 tahun 2024. (*)

Editor : deni