Patroli Udara Heli TNl AL Sekitar Penyebrangan Banyuwangi-Bali, Pergerakan Arus Mudik Terpantau Aman dan Lancar

JUANDA, KABARHIT.COM TNI AL - Puspenerbal (8/4/2024)
Patroli udara rutin Helikopter Pusat Penerbangan TNl AL (Puspenerbal) di sekitar Penyebrangan Banyuwangi-Bali dengan Helikopter AS 365 N3+ Dauphin bernomor HR-3603 pada H-3 Idul Fitri 1445 H, pergerakan Arus Mudik masih terpantau aman dan lancar, Senin (8/4/2024).

Helikopter Dauphin AS 365 N3+ bernomor HR-3603 ini, dioperasikan oleh Skuadron Udara 400 Wing Udara 2 Puspenerbal Juanda. Dibalut dengan warna oranye yang mencirikan sebagai heli SAR di Indonesia, helikopter ini berada di bawah naungan Badan SAR Nasional (Basarnas).

Baca Juga: Puspenerbal Gelar Penyegaran Prosedur Terbang Formasi Bagi Pilot Helikopter

Heli AS 365 N3+ HR-3603 kali ini, diawaki oleh Kapten Laut (P) Ardy A. Paath dan Lettu Laut (P/W) A. Q. Tuffa mengudara disekitar Ketapang Gilimanuk pada Senin (8/4) yang merupakan salah satu jalur arus mudik lebaran.

Menurut Komandan Wing Udara 2 Puspenerbal, Kolonel Laut (P) Adam Firmansyah, kegiatan patroli ini berkolaborasi dengan tim Basarnas.Dari pantauan udara Crew beserta Tim Basarnas memastikan arus mudik alur penyebrangan Banyuwangi-Bali ini terpantau aman dan lancar.

Baca Juga: Asah Kemampuan, Skuadron Udara 400 Wing Udara 2 Gelar Latihan Terbang Malam

Selain itu lanjutnya, sebagai bentuk profesionalisme TNI AL dan sinergitas dengan instansi terkait, Crew HR-3603 juga siap melaksanakan pertolongan cepat terhadap musibah maupun kecelakaan yang mungkin saja terjadi.

"Para pilot dan tim Basarnas telah terlatih untuk melaksanakan misi Search and Rescue (SAR), sehingga jika sewaktu-waktu dibutuhkan tentunya akan dapat segera dilaksanakan," ungkapnya.

Baca Juga: Babinsa Koramil 0830/04 Bubutan Pantau Arus Mudik di Stasiun Kereta Api

Ia berharap, perjalanan masyarakat selama arus mudik lebaran tahun 2024 ini, dapat berjalan aman dan lancar, berkumpul bersama keluarga di kampung halaman merayakan momen bahagia Idul Fitri 1445 H.

Editor : deni