Komandan Puspenerbal Buka Pelatihan Perdana Tri Matra TNl Take Off Landing Helikopter di KRI

avatar kabarhit.com

JUANDA, KABARHIT.COM - TNl AL-Puspenerbal . Komandan Pusat Penerbangan TNl Angkatan Laut (Puspenerbal), Laksda TNl Sisyani Jaffar membuka Pelatihan Perdana Tri Matra TNl tentang Take Off Landing Helikopter di KRl yang digelar di Gedung Brahmastra, Wispa Lanudal Juanda, Rabu (5/6/2024)

Pelatihan yang diisi dengan teori dan praktek pengenalan Pelatihan Perdana Take Off Landing Helkopter ini, diikuti 14 penerbang Helikopter TNl yang terdiri tujuh penerbang TNI AD dan tujuh penerbang lainnya dari TNl AU.

Baca Juga: Apel Khusus Jelang Lebaran, Danpuspenerbal Ingatkan Disiplin Pelaksanaan Cuti Idul Fitri

Latihan yang akan dilaksanakan selama tiga puluh hari tersebut, diikuti oleh para pengawak Crew Pesud Heli TNI AD dan TNI AU dengan Instruktur dari TNI AL yang ditujukan untuk meningkatkan kemampuan pilot dan Crew Pesud.

Pada pinggu pertama pelatihan, akan diisi dengan pelajaran kelas, minggu kedua berlatih di simulator dan minggu ke tiga bulan Juni akan melaksnakan praktek lapangan.

Take Off Landing Helkopter merupakan kegiatan memandu Helly saat take off dan Landing di atas geladak KRI, meliputi penyiapan alat peralatan, manuver kapal dalam menentukan arah angin dan memandu Helly saat akan Take off maupun Landing di atas KRI.

Komandan Puspenerbal mengucapkan selamat datang kepada para pilot helikopter dari matra TNl di gedung Brahmastra Lanudal Juanda dan apresiasi kepada para pilot helikopter dari matra TNl atas komitmen dan dedikasi yang telah saudara tunjukkan.

Baca Juga: Wakili Kasal, Danpuspenerbal Serahkan Paket Lebaran pada Personel Penerbangan TNl AL Surabaya

Danpuspenerbal mengatakan perkembangan lingkungan strategis di kawasan global dan regional pada akhir-akhir ini, berpotensi menimbulkan ancaman dan gangguan terhadap kedaulatan negara.

Puspenerbal sebagai Kotama Pembinaan yang memiliki tugas pokok dan fungsi dalam melaksanakan pelatihan Take Off Landing di KRI, harus didukung prajurit pengawak KRI yang memiliki kemampuan melaksanakan kesiapsiagaan.

Latihan ini lanjutnya, bukan hanya sekedar latihan rutin, tetapi juga membekali kemampuan dan keterampilan para pilot helikopter TNl serta menjalin koordinasi dan memperkuat kekompakan sebagai satu kesatuan yang solid.

Baca Juga: Peringati HUT Ke-62, Komandan Puspenerbal Hadiri Sarasehan Kopaska TNl AL

"Laksanakan latihan dengan serius dan penuh rasa tanggung jawab, pahami dan laksanakan instruksi dari instruktur agar tujuan latihan dapat tercapai. ketiga, kenali kemampuan diri, patuhi protokol, aturan keselamatan kerja, keselamatan personel dan materiil,“ pinta Danpuspenerbal.

Hadir dalam acara tersebut Wadan Puspenerbal Laksma TNl Bayu Alisyahbana, Ir puspenerbal, Danlanudal Juanda, Danwing Udara 2, Danwing udara 3, Kafasharkan Pesud, Dan Kri Surabaya, Waasops Kodam V Brawijaya, Danlanud Muljono beserta perwira staf lainnya.

Editor : deni