Wadan Puspenerbal Hadiri Upacara Pemberangkatan Satgas MTF TNl Konga XXVIII - 0 Unifil

avatar kabarhit.com

SURABAYA, KABARHIT.COM TNl AL-Puspenerbal Wakil Komandan Pusat Penerabangan TNI Angkatan Laut (Wadan Puspenerbal), Laksma TNl Bayu Alisyahbana mewakili Komandan Puspenerbal Laksda TNl Sisyani Jaffar menghadiri Upacara Pemberangkatan 120 personel Satgas MTF TNI Kontingen Garuda XXVIII - 0 Unifil TA. 2023/2024 di Dermaga Madura, Koarmada ll, Ujung, Surabaya, Rabu (6/12/2023).

Pangkoarmada II Laksda TNI Yayan Sofiyan didampingi KS Koarmada ll, Wadan Puspenerbal dan PJU Koarmada ll melepas secara simbolis keberangkatan Satgas MTF TNI Kontingen Garuda XXVIII - 0 Unifil dengan menggunakan KRI Diponegoro-365 yang dikomandani Letkol Laut (P) Wirastyo Haprabu.

Baca Juga: Unjuk Kemampuan, Heli HS-1305 Laksanakan Crossdeck Exercise dengan HS Limnos F-451

Di atas KRl Diponogoro-365 tersebut, juga onboard Helikopter Panther AS 565 MBe HS1305 dari Skuadron Udara 100 Wing Udara 2 Puspenerbal yang diawaki Capten Pilot, Kapten Laut (P) Rayendra Jaka Loekmana dan Kapten Rangga Birawa, Copil Lettu (P) Galuh Arianto dan Lettu (P/W) Michelle Anggraeni, 5 Crew (Flight Enginer, Mecanik 1 dan 2, Avionik dan Operator Flir) serta Lettu Laut (K) dr. Ridwan (dokter Satgas MTF).

Pangkoarmada II mengatakan, Satgas MTF ini merupakan satgas yang kelima belas sejak pertama kali Indonesia bergabung di Unifil pada tahun 2009 silam.

Baca Juga: Setelah 425 Hari Jalankan Misi, Heli AS 565 Mbe HS1306 Kembali ke Pangkalan

Bergabungnya satgas MTF ini terangnya, merupakan wujud komitmen negara Indonesia dan peran serta TNI AL dalam menciptakan perdamaian dunia sejalan dengan amanat undang-undang dasar 1945

Kehadiran KRI Diponegoro dalam Unifil lanjutnya, memiliki peranan dalam mendukung angkatan laut Lebanon untuk bersama-sama mengawasi peran teritorial Lebanon mengamankan garis pantai dan mencegah masuknya senjata ilegal atau materi yang berhubungan dengan hal tersebut yang melewati laut menuju Lebanon.

Baca Juga: Wadan Puspenerbal Hadiri Penyerahan Monjaya dan Joy Sailing KRI Bima Suci

Pangkoarmada ll menekankan beberapa hal diantaranya tingkatkan iman dan takwa, utamakan keselamatan personel maupun material, jaga nama baik bangsa dan negara Indonesia, laksanakan koordinasi dengan satuan samping dan unsur-unsur negara lain yang tergabung dalam unifil serta konsentrasi pada tugas yang diemban.

"Kalian berangkat bersama dengan gagah berani dan kembali ke tanah air nanti dengan selamat penuh kebanggaan, selamat jalan selamat bertugas," pungkasnya.

Editor : deni