Ratusan Personel Puspenerbal Terima Sosialisasi Siber dan Keamanan Informasi

JAKARTA, KABARHIT.COM - TNl AL-Puspenerbal, (Seratus personel dijajaran Pusat Penerbangan TNl Angkatan Laut (Puspenerbal) wilayah Surabaya menerima Sosialisasi Siber dan Keamanan Informasi TNl AL dari Staf Intelijen Angkatan Laut (Sintelal) Mabesal Jakarta yang dihelat di Wisma Perwira Brahmastra Lanudal Juanda, Puspenerbal, Kamis (29/2/2024).

Perwira Pembantu (Paban) Vl Bidang Teknologi Sintelal, Kolonel Laut (E) Yusrizal mewakili Asisten lntelijen Angkatan Laut (Asintelal) Laksda TNl Akmal.S.A.P membuka acara sosialisasi yang diikuti personel dari Mako Puspenerbal, Wing Udara 2, Lanudal Juanda, Fasharkan Pesud dan Kolat Penerbal.

Baca Juga: Peringati HUT Ke-62, Komandan Puspenerbal Hadiri Sarasehan Kopaska TNl AL

Asintelal dalam amanat pembukaannya yang dibacakan Paban Vl Sintelal megatakan, UU No. 3 tahun 2002 tentang Pertahanan Negara, telah ditetapkan bahwa ancaman dalam sistem pertahanan negara terdiri dari ancaman militer dan ancaman non militer, termasuk diantaranya adalah ancaman siber atau cyber threats.

Untuk itu prajurit TNl AL sebagai alat negara harus siap menghadapi kompleksitas ancaman tersebut. Prajurit TNl AL juga harus memiliki pengetahuan serta kemampuan dasar di bidang siber untuk meningkatkan awareness keamanan siber, sehingga dapat mengamankan dan melindungi siberspace TNl AL.

Guna meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan personel intelijen dalam bidang siber, Sintelal selaku pembina profesi intelijen TNl AL termasuk sandi dan siber menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Siber dan Keamanan Informasi TNl AL tahun 2024 di wilayah kerja Puspenerbal.

Baca Juga: Danpuspenerbal: Kenaikan Pangkat Bukan Hadiah, Tapi Buah dari Prestasi

Kegiatan ini diharapkan menjadi sarana komunikasi untuk mendapatkan masukan terkait keadaan nyata di wilayah kerja Puspenerbal guna mendapatkan feedback sebagai bahan masukan dalam bidang siber TNl AL.

Asintelal menkankan pada peserta untuk mengikuti dan mempelajari materi yang diberikan dengan sungguh-sungguh. manfaatkan waktu yang sangat singkat ini untuk dapat menyerap ilmu sebanyak–banyaknya.

"Saya berharap setelah mengikuti sosialisasi ini, para peserta mampu meningkatkan awareness terkait ancaman siber dan mensosialisasikan secara profesional di satuan kerja masing-masing," harapnya.

Baca Juga: Flypass Bonanza dan Heli Bell 505 Warnai Tupdik dan Wing Day 11 Perwira Penerbang TNl AL

Untuk memperdalam materi Sosialisasi Ciber Awarwenes ini, dipapar oleh Mayor Laut (KH) Jenius Patanbang Pjs.Kasi Lab Katjarap Satsiberal Dispamsanal, yang dilaksankan secara interaktif dengan peserta sosialisasi.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut Kabagpam Puspenebal Letkol laut (P) Firmansyah, Kabagpen Puspenerbal Letkol Laut (KH) Rohman Arif, Pasminlog Wing Udara 2, Pasops Wing Udara 2, Kasiintelud, KasatPAM Juanda, Danron 100 dan Perwira Staffdi Jajaran Puspenerbal lainnya.

Editor : deni