Komandan Puspenrbal : Cek Tekanan Darah Sebelum Olahraga

JUANDA, KABARHIT.COM TNl AL-Puspenerbal, Untuk meminimalisir cidera dan kejadian fatal saat melaksankan aktifitas olahraga, Komandan Pusat Penerbangan TNl Angkatan Laut (Danpuspenerbal) Laksda TNl Sisyani Jaffar menekankan para prajuritnya untuk melaksanakan pengecekan tekanan darah terlebih dulu sebelum melaksanakan aktifitas olahraga.

Hal tersebut disampaikan Komandan Puspenerbal sebelum pelaksanaan olahraga bersama jajaran Puspenerbal Surabaya di Lapang Marshalling Area, Lanudal Juanda, Jumat (1/3/2024).

Baca Juga: Apel Khusus Jelang Lebaran, Danpuspenerbal Ingatkan Disiplin Pelaksanaan Cuti Idul Fitri

Tampak hadir dalam olahraga bersama tersebut, Wadan Puspenerbal Laksma TNl Bayu Alisyahbana, Irpuspenerbal Kolonel Laut (T) Bambang Yunianto, Dirops Puspenerbal Kolonel Laut (P) Catur Sigit, Kafasharkan Pesud Kolonel Laut (T) Johny Setiawan Sofiandi, Komandan Kolat Penerbal Letkol Laut (P) M. Mashabi dan perwira staf lainnya.

Pemeriksaan tekanan darah secara rutin lanjut Danpuspenerbal, sangatlah penting untuk mencegah terjadinya penyakit/cidera saat berolahraga.

"Kita ketahui bahwa angka pada pemeriksaan tekanan darah itu ada dua, yakni angka bagian atas (Sistolik) dan angka bagian bawah (Diastolik), hal tersebut menjadi salah satu indikator untuk kita bisa mengukur sebatas mana kita diperbolehkan beraktifitas olahraga ringan/berat," terangnya.

Baca Juga: Wakili Kasal, Danpuspenerbal Serahkan Paket Lebaran pada Personel Penerbangan TNl AL Surabaya

Selain Tensi, hal lain yang penting diperiksa lanjutnya, adalah denyut nadi sebelum berolahraga. Denyut nadi normal antara 60-100 x/menit. Bila saat sebelum berolahraga berat denyut nadi lebih dari 100 maka sebaiknya jangan berolahraga berat/lama. Sebab dapat mengakibatkan frekuensi denyut nadi sangat cepat, mencapai 200 kali atau lebih per menitnya.

Pelaksanaan tensi diikuti oleh seluruh pejabat dilanjutkan personel Mako Puspenerbal, Wing Udara 2 Puspenerbal Juanda, Lanudal Juanda, Fasharkan Pesud dan Kolat Penerbal.

Baca Juga: Peringati HUT Ke-62, Komandan Puspenerbal Hadiri Sarasehan Kopaska TNl AL

Di samping penekanan untuk tensi darah dan denyut nadi sebelum berolahraga, Danpuspenerbal juga mendorong personelnya untuk melaksankan Uji Pemeriksaan Kesehatan (Urikes) rutin terjadwal sesuai waktu yang telah ditentukan oleh dinas.

"Pelaksanan Urikes ini sangat penting dan menjadi salah satu hak dari setiap personel TNl AL untuk mendapatkan layanan Urikes, jangan malah menghindar dan takut untuk Urikes," tegasnya.

Editor : deni