Tim Mahasiswa ITS Kembangkan Produksi Gas hidrogen lewat Metode Water Splitting

SURABAYA, KABARHIT.COM - Tim mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) meneliti efektivitas material fotokatalis untuk peningkatan produksi gas hidrogen melalui metode water splitting.

Ketua tim penelitian, Nabilah Dita Anaqah menjelaskan, hidrogen adalah bahan bakar bebas emisi karbon dengan energi mencapai 2,5 hingga 3 kali lebih besar daripada gasolin.

Baca Juga: Menangkan Juara Umum lima kali Kapal Barunastra ITS Siap Berlayar ke Amerika

Senyawa ini memiliki kemampuan pembakaran yang luas, sehingga mampu diaplikasikan dalam berbagai penerapan.

“Potensi dari senyawa ini dapat diterapkan di pembangkit listrik, hydrogen fuel cell, kendaraan hidrogen, hingga pembakaran,” jelasnya.

Mereka pun menguji efektivitas material fotokatalis dengan metode water splitting untuk produksi gas hidrogen.

“Serupa dengan prinsip kerja metode elektrolisis yang menggunakan energi dari baterai, namun pada reaksi water splitting menggunakan energi foton matahari untuk menghasilkan energi,” paparnya.

Baca Juga: Bersama ITS dan UNICEF, Gubernur Khofifah Dukung Program Digital Skills untuk SMA Double Track

Nabila melanjutkan, metode ini menggunakan energi matahari untuk memecah molekul air menjadi hidrogen dan oksigen.

Material semikonduktor menjadi pemeran utama untuk menangkap energi cahaya, merangsang pemecahan air, dan memfasilitasi reaksi kimia yang ada.

“Pengembangan yang dilakukan bertujuan untuk menghadirkan efisiensi operasional yang tinggi dan memiliki karakteristik material yang sesuai,” jelasnya.

Baca Juga: HUBBITS, Sepeda Tanpa Poros Ramah Lingkungan Buatan ITS.

Berkat kerja keras dan jerih payah yang dilakukan tim, penelitian ini juga telah berhasil meraih medali perunggu dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) kategori Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Riset Eksakta (RE) 2023.

Anggota tim penelitian terdiri dari Reca Ardiyanti Rahman, Mintang Mulyanto, Lioz Alexander, dan Andi Fitri Ayu Lestari yang berasal dari Departemen Kimia ITS angkatan 2020 dan 2021.

Editor : deni