Bawaslu Surabaya Ajak Warga Berpartisipasi Awasi Pemilu 2024

SURABAYA, KABARHIT.COM Dalam rangka pengawasan pemilihan umum serentak tahun 2024 Bawaslu Surabaya menyelenggarakan kegiatan Bawaslu on Car free Day dengan tema tunjukkan Cintamu dengan Awasi Pemilu, bertempat di taman bungkul Surabaya, Minggu, (04/01/2024)

Ketua Bawaslu Surabaya Novli Bernado Thyseen menyampaikan kami mengajak masyarakat warga kota Surabaya khususnya didalam proses penyelenggaraan pemilu serentak 2024 dikota Surabaya.

Baca Juga: Yakinkan Keamanan, Babinsa Bersama Stakholder Kawal Pergeseran Surat Suara Pemilu 2024

"Ada beberapa hal yang yang ingin kami sampaikan kepada warga Surabaya, 1, Mari bersama sama Awasi Pemilu 2024. 2, Tolak praktek praktek money politik. 3, ASN dan TNI - Polri untuk tidak berpihak kepada kepentingan kelompok tertentu atau Netralitas." terangnya

dalam kegiatan CFD Bawaslu Surabaya ini untuk meningkatkan sosialisasi ke masyarakat berkaitan dengan pelaksanaan pemilu yang diadakan tgl 14 Februari 2024 mendatang

" Tujuan adalah meningkatkan partisipasi masyarakat memilih di kota Surabaya, karena legitimasi pemilu juga dipengaruhi salah satu indikatornya adalah banyaknya tingkat partisipasi masyarakat pemilih pada saat pemungutan suara nantinya," beber dia

Sementara itu, Syafiudin selaku Kordiv Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat mengatakan. 1, Mari kita hindari money politik di wilayah krusial. 2, melalui Car Free Day ini masyarakat menjaga kerukunan antar masyarakat dan menghindari gesekan.

Baca Juga: Nyoblos Bersama Keluarga, Eri Cahyadi Sebut Pemilu 2024 Bak Pertandingan Persahabatan

Menyambut pemilu 14 Februari 2024, kita lakukan sosialisasi di CFD Bungkul untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemungutan suara," ungkapanya

untuk apk kita lakukan penertiban setiap minggunya, kemarin tgl 2 pebruari secara serentak kita lakukan penertiban APK dikota Surabaya secara masif.

"Mendekati hari tenang kita menghimbau kepada peserta pemilu untuk menertibkan secara mandiri apknya jika itu tidak dilakukan pasti pihak bawaslu beserta satpol PP yang akan menertibkan, " tegasnya.

Kita akan patroli pengawasan di titik-titik krusial di tengah masyarakat untuk hindari money politik dan kampanye tersembunyi.

Baca Juga: Didampingi 3 Jagoannya, Khofifah Nyoblos di TPS 31 Surabaya

" Terkait peserta pemilu yang melanggar ada 7 ribuan, 2 pelanggaran etik sudah ditangani, serta 1 tindak pidana pengrusakan apk juga telah kami tangani juga,  sesuai dengan rilis yang kami sampaikan kemarin," ucap Syafiudin

Kemudian Anggota Bawaslu Surabaya Teguh Suasono mengatakan untuk pendistribusian dari kpu rencananya 8 hari, untuk distribusi logistik pemilu ada di Kecamatan, targetnya tgl 10 pebruari dan disotir kemudian dilanjutkan tingkat TPS.

"Sampai saat ini kita sudah melakukan pengawasan pendistribusian dari Panwascam, dari gudang KPU sampai kecamatan, mulai dari jumlah semuanya masih aman," beber Teguh Suasono.

Editor : deni